Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Tuesday, January 16, 2018

Canggih! Monorail Ini Berjalan Otomatis Tanpa Masinis dan Petugas

Moda atau bentuk transportasi darat semakin hari semakin canggih dan berkembang. Salah satunya adalah monorail. Kereta yang berjalan di atas satu rel ini merupakan salah satu solusi kemacetan yang ampuh diterapkan di berbagai negara, salah satunya adalah China.

BYD, sebuah produsen mobil listrik terbesar di Negeri Tirai Bambu itu baru saja memperkenalkan teknologi kemudi otomatis dalam sistem monorail di Yinchuan, ibukota Ningxia Hui, China.
Monorail otomatis tanpa masinis / gambar via Youtube CGTN
Pengenal wajah otomatis untuk naik kereta / Gambar via Youtube CGTN

Tanpa masinis dan petugas tiket

Berkapasitas lebih dari 100 orang penumpang, SkyRail BYD akan berjalan tanpa memerlukan seorang masinis di sepanjang jalur di China Flower Expo Park di Yinchuan. Karena tidak memerlukan masinis, ruang pengemudi pun tidak ada di kereta ini.

Kereta dengan teknologi baru tersebut akan mulai beroperasi pada kuartal kedua 2018, dengan kecepatan hingga 80 km per jam. Kereta canggih ini akan otomatis aktif sendiri di pagi hari. Kemudian mengecek segala perangkatnya, seperti memeriksa baterai, penerangan serta pendingin ruangan. Lalu secara otomatis memulai layanan untuk penumpang. 

Di tempat pemberhentian kereta tidak terdapat petugas yang biasa melayani tiket, melainkan hanya mesin pengenal wajah. Sehingga para penumpang memasuki stasiun melalui teknologi pengenal wajah otomatis. Setelah jam kerja selesai, kereta ini secara otomatis akan berhenti beroperasi sendiri.

Dengan adanya teknologi kereta otomatis tanpa masinis, pengeluaran operasional berupa biaya tenaga kerja dapat dikurangi hingga 60 persen. Perusahaan tersebut juga berencana untuk mengembangkan teknologi yang sama pada busnya di bandara dan pelabuhan pada tahun 2020 mendatang.

Transportasi kereta otomatis seperti ini berkembang pesat di China, diantaranya Beijing, Guangzhou, Shanghai dan 9 kota lain yang sedang membangun infrastruktur untuk kereta otomatis. Gimana? Pengen naik kereta otomatis?

close