Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Friday, February 16, 2018

Anjuran Dalam Al-Qur'an agar Kita Tetap Aman Ber-Medsos

Medsos atau media sosial telah merubah kehidupan manusia, terutama cara bersosialisasi mereka. Hal ini tentu saja membawa berbagai efek, baik negatif maupun positif. Orang yang awalnya pendiam, di medsos bisa berubah total, jadi doyan ngomong.

Berbagai macam bisnis pun banyak yang berkembang dari medsos. Bahkan sekarang ini facebook telah memberikan opsi jual beli dalam layanannya. Media sosial benar-benar menjadi wakil kita di dunia nyata.
Media sosial
Meski banyak menawarkan berbagai kemudahan, jangan sampai kita terlena dalam bermedia sosial. Kita harus berusaha agar dalam menggunakan media sosial, tetap aman dan tidak menimbulkan dosa. Dan alhamdulillah kita bisa mendapatkan tipsnya dari Al-Qur'an.

Dua anjuran Al-Qur'an agar tetap aman menggunakan media sosial :

1. Menyampaikan sesuatu yang pasti dan tepat

Sebagaimana Firman Allah Ta'ala dalam Al-Qur'an Surat Al-Israa' ayat 36, "Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya". 

Sehingga dalam bermedsos, jangan suka nge-share artikel atau link yang sumbernya tidak jelas dan belum pasti. Jika ingin sharing artikel, pastikan dulu kebenarannya, jangan membagikan berita hoax.

2. Menyampaikan sesuatu yang baik

Dalam QS. Al-Israa' ayat 53, Allah Ta'ala berfirman, Dan katakanlah kepada hamha-hamba-Ku: "Hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang lebih baik (benar). Sesungguhnya syaitan itu menimbulkan perselisihan di antara mereka. Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia".

Sangat mudah untuk menggunakan media sosial. Cukup beberapa klik, postingan sudah muncul. Hanya mengusap-usap layar hp, berita sudah tersebar. Untuk itu, pastikan segala sesuatu yang kita share melalui media sosial merupakan hal yang baik-baik, yang sudah pasti kebenarannya. Karena semua itu akan dipertanggungjawabkan kelak di akhirat.

close