Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Monday, June 4, 2018

Hati-hati! Jangan Melupakan Sunnah Sahur ini ya!

Sebelum melaksanakan puasa, tentu kita disunnahkan melaksanakan sahur agar kita mendapatkan energi untuk menjalani puasa satu hari penuh. Namun, masih banyak yang sulit bangun untuk makan sahur.

Bahkan, ada yang sengaja tidak bangun sahur karena merasa kuat untuk berpuasa tanpa harus sahur. Atau ada juga yang sahur saat waktu sahur masih sangat jauh, misalnya pukul 2 pagi, karena ia sedang begadang. Padahal, terdapat banyak pahala dari sunnah sahur.
Makan sahur / Gambar via theatlantic.com

Hati-hati, jangan Melupakan Sunnah Sahur ini ya!

Keutamaan makan sahur untuk puasa sangatlah banyak. Dan sunnah yang sering dilupakan adalah mengakhirkan waktu sahur. Kaum muslimin disunnahkan mengakhirkan sahur sampai mendekati waktu Subuh seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaih wa Sallam.

Dalam Hadits Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu dari Zaid bin Tsabit Radhiyallahu anhu, beliau berkata: "Kami bersahur bersama Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, kemudian beliau pergi untuk sholat." Aku (Ibnu Abbas) bertanya, "Berapa lama antara adzan dan sahur?". Beliau menjawab, "Sekitar membaca 50 ayat." (HR. Bukhari dan Muslim)

Jadi, jangan sampai kita meninggalkan sunnah yang seharusnya dapat kita lakukan dengan mudah saat sahur. Semoga kita selalu mendapatkan keberkahan dari Allah Ta'ala.

close