Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Monday, June 11, 2018

Hati-hati! Makanan Sehat ini Justru Bisa bikin Sakit loh!

Sebagai makhluk hidup, tentu kita memerlukan makan untuk tetap bertahan hidup. Makanan yang kita makanan tentunya harus makanan yang sehat dan baik.

Tapi sekarang, seiring berkembangnya zaman, makanan banyak sekali jenisnya. Dan terkadang, kita menganggap suatu makanan itu baik, tapi ternyata bisa berdampak buruk bagi kita. Apa saja itu?

Inilah makanan sehat yang justru bisa bikin sakit:

1. Telur

Telur / Gambar via mysweetketo.com
Ketika akan mengkonsumsi telur, usahakan tidak mengkonsumsi telur yang baru saja ditetaskan. Karena, telur yang baru menetas rentan terkena bakteri salmonella dan dapat menyebabkan masalah kesehatan, terutama bagi yang memiliki sistem imun rendah. Oleh karena itu, sebelum memasak diperhatikan cangkang telurnya, jika terlihat kotor sebaiknya dicuci dulu.

2. Ikan Tuna

Ikan tuna / Gambar via makesushi.com
Daging ikan tuna yang tidak disimpan dengan baik, justru dapat menyebabkan munculnya protein beracun dalam daging tersebut. Akibat dari konsumsi daging ikan tuna ini adalah sakit perut, diare, muntah-muntah, hingga gangguan penglihatan.

3. Soda

Soda / Gambar via macaro-ni.jp
Soda memang bukan minuman sehat, tetapi harus tetap diingatkan bahwa minum soda sangat tidak baik. Selain dapat menyebabkan obesitas dan kerusakan hati, soda juga bisa merusak tulang karena kandungan asam fosfor dan kafein di dalam soda dapat mengurangi kepadatan mineral tulang. Lebih parah lagi, dapat menyebabkan osteoporosis.

4. Sayur Lalap

Sayur lalap / Gambar via backtoorganic.com
Sayur lalap sering kita temui dalam makanan, baik yang sengaja dipakai untuk lalap atau untuk hiasan. Banyak yang pernah mengalami keracunan karena sayur lalap karena tidak dicuci bersih sebelum dihidangkan. Karena dihidangkan dalam kondisi mentah, sayur harus dicuci bersih sebelum dikonsumsi.

5. Ayam

Daging ayam / Gambar via healthline.com
Dalam mengolah ayam, harus lebih teliti. Jangan sampai ayam masih mentah, karena daging ayam mentah mengandung bakteri Campylobacter yang dapat menyebabkan demam serta masalah pencernaan ketika dikonsumsi. Selain itu, pisau pemotong, talenan, dan air pencuci ayam sebaiknya terpisah dengan piring untuk mencegah bakteri ini menyebar.

6. Sosis dan Daging dalam Kemasan

Sosis / Gambar via themeatbox.co.nz
Berdasarkan penelitian, terdapat 12% produk sosis dan daging yang terifeksi bakteri E. Coli dan mikroorganisme lain, seperti Listeriosis dan Salmonella. Keduanya sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan masalah syaraf dan meningitis.

Jadi, hati-hati dalam mengolah dan mengkonsumsi makanan ya! Makanan yang kita pikir baik belum tentu selalu baik.

close