Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Sunday, June 10, 2018

Hati-hati, Ternyata Berbisik Berbahaya loh!

Berbisik kita lakukan pada lawan bicara kita agar orang lain di dekat kita tidak mendengar apa yang kita bicarakan. Mungkin diantara kita cukup sering berbisik.

Memang hal yang wajar ketika kita berbisik pada orang lain. Tapi ternyata, berbisik bisa menimbulkan dampak berbahaya loh! Apakah dampak bahayanya?
Berbisik / Gambar via thoughtco.com

Inilah bahaya dari berbisik!

Meskipun pelan, berbisik dapat menyebabkan pita suara kita rusak. Karena, berbicara pelan seperti itu justru memberikan tekanan pada pita suara.

Temuan ini dibuktikan dengan penelitian oleh dr. Robert T Staloff, seorang ketua departemen THT dari Drexel University College of Medicine. Penelitian ini dilakukan pada 100 partisipan.

Partisipan diminta untuk menghitung dari 1-10 dengan berbisik. Hasilnya, 65 orang yang menjalani penelitian mengalami tekanan yang cukup berat pada pita suara. Sementara 13 partisipan lainnya justru bagus setelah berbicara dengan berbisik, dan sisanya tidak mengalami efek apapun.

Memang hasilnya berbeda-beda, hal ini disebabkan ukuran laring seseorang juga berbeda-beda. Tetapi, kita sebaiknya tidak berbisik-bisik lagi karena kita tidak tahu bagaimana kondisi pita suara dan laring kita. Apakah akan bagus saat berbisik atau malah justru rusak, sehingga kita bisa kehilangan suara.

Selain berbisik, berteriak, berdehem, dan membuat suara lebih berat juga dapat merusak pita suara. Oleh karena itu, kita harus mengurangi cara berbicara seperti itu. Bukannya tidak boleh berbisik, tapi kita harus melihat situasi.

Ketika kita sedang berada di  dalam kondisi yang mengharuskan untuk tenang, maka hal itu tidak masalah. Tetapi kalau dalam keseharian dan kondisi yang biasa, sebaiknya tidak usah berbisik.

Sayangi pita suara kita, karena salah sedikit dapat berakibat fatal.

close