Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Friday, June 8, 2018

Inilah Hal yang dapat Kamu Lakukan ketika tidak Bisa Pulang di Hari Raya Idul Fitri!

Idul Fitri sangat ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Hari Kemenangan ini hanya dapat dirayakan satu tahun dalam sekali. Terlebih, dalam momen Hari Raya ini, identik dengan berkumpul dan bersilaturahim bersama keluarga.

Tentu momen seperti ini sangatlah langka dan semua orang pasti mendambakan. Tapi, ada juga orang-orang yang kurang beruntung karena tidak dapat menikmati Idul Fitri bersama keluarga. Mungkin karena pekerjaan yang tidak bisa ditinggal, karena studi, atau keadaan lain yang tidak memungkinkan untuk pulang. Namun jangan bersedih, kamu tetap bisa melakukan hal ini:
Idul fitri / Gambar via tribuneindia.com

Inilah Hal yang dapat Kamu Lakukan ketika tidak Bisa Pulang di Hari Raya Idul Fitri:

1. Berkomunikasi Jarak Jauh

Jarak bukan menjadi penghalang komunikasi saat ini. Meskipun jauh di tempat rantau, kita tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga menggunakan video call. Dengan bercakap bersama keluarga, rindumu akan bisa terobati meski hanya melalui video call.

2. Bergabung dengan Komunitas

Meski di tempat rantau tanpa keluarga, kamu tetap bisa merasakan hangatnya kekeluargaan bersama komunitas. Kamu bisa mencari komunitas yang berasal dari tempat tinggalmu. Biasanya, tidak hanya kamu yang tidak dapat pulang ketika Idul Fitri, saudara seperantauan juga ada yang bernasib sepertimu.

3. Perdalam Makna Ibadah

Hari Kemenangan bukan dirayakan hanya dengan hura-hura, tetapi maknai hari kemenangan dengan melihat kembali bagaimana ibadah kita. Mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala dan bersyukur dengan apa yang Dia berikan. Dan tentunya bersyukur karena meski tidak pulang ke kampung halaman, kita dapat merasakan Idul Fitri.

4. Lanjutkan Tradisi Lebaran

Coba lakukan apa yang biasa kamu lakukan ketika Lebaran. Misalnya makan ketupat dan opor, kamu bisa mencoba membuat ketupat opor dengan resep keluarga. Melakukan open house agar teman-teman datang dan ikut merayakan Lebaran.

5. Berbagi dengan yang Kurang Beruntung

Seringkali kita merasa menjadi yang kurang beruntung, tapi ternyata di luar sana masih banyak orang yang tidak seberuntung kita. Oleh karena itu, berbagi dengan yang membutuhkan dapat mengobati hati kita supaya kita lebih bersyukur.

Jadi, jangan bersedih hati ketika tidak dapat pulang di hari Lebaran. Banyak hikmah yang harus kita syukuri dibalik kejadian diluar ekspektasi.

close