Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Wednesday, June 6, 2018

Inilah Menu Sahur yang Bikin Kamu nggak Gampang Ngantuk saat Puasa!

Sahur adalah cara agar kita mendapatkan energi untuk menjalankan puasa sehari penuh. Meskipun hanya makan satu kali pada saat fajar, tapi kita dapat menjalani puasa dan aktifitas seperti biasanya dengan baik.

Tapi, seringkali kita terganggu karena kantuk saat puasa. Dan ternyata, salah satu yang menjadi pemicu mudah kantuk saat puasa adalah makanan yang kita makan. Jadi, kalau tidak ingin mudah mengantuk saat puasa, cobalah lakukan hal di bawah ini:

Tips Menu Sahur yang Bikin Kamu nggak Gampang Ngantuk saat Puasa:

1. Protein

Tidak hanya karbohidrat, protein juga menjadi sumber energi dan glukosa yang baik. Justru, protein lebih baik level glikemiknya dan lebih lama dicerna sehingga kita dapat merasa kenyang lebih lama dan energi yang dikeluarga lebih lama.
Makanan tinggi protein / Gambar via justfitnesshub.com
Protein dapat kita dapatkan dari tahu, tempe, kacang-kacangan, ikan, daging sapi, atau daging ayam. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan protein dari suplemen sari pati ayam, atau suplemen penambah protein lainnya.

2. Batasi Asupan Karbohidrat

Makanan tinggi karbohidrat / Gambar via diet.lovetoknow.com
Kebiasaan orang Indonesia adalah memakan karbohidrat dengan porsi lebih banyak dari kandungan makanan lainnya, terlebih adalah nasi putih. Orang menganggap banyak makan nasi putih akan memberikan banyak energi, tapi justru banyak makan nasi putih akan membuat tubuh rileks dan akhirnya mudah mengantuk.

3. Minum Cukup Air

Minum cukup air / Gambar via tiresandparts.net
Perbanyaklah minum air saat sahur karena jika kita kekurangan air, maka kerja otak menjadi lebih lambat sehingga memerintahkan tubuh untuk istirahat. Selain itu, air juga sangat penting untuk membuat organ tubuh bekerja dengan baik.

4. Perbanyak Serat

Perbanyak serat / Gambar via draxe.com
Komposisi yang baik adalah makan sedikit karbohidrat dan perbanyak serat. Serat bisa didapatkan dari sayuran dan buah-buahan. Dengan makan banyak serat, juga dapat membantu merilis karbohidrat lebih lama sehingga energi dapat tersimpan lebih lama dan tubuh tidak mudah mengantuk.

Memperhatikan asupan makanan untuk menghindari mengantuk yang berlebih sangat penting. Apalagi jika kegiatan kita sangat padat atau kita berencana bepergian, jangan sampai kita mengantuk di jalan ya.

close