Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Wednesday, June 6, 2018

Agar Berkah dan Sesuai Sunnah, Iringi 5 Hal Ini Dengan Sholawat Nabi

Membaca sholawat atas Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam sangat baik kita lakukan. Bersholawat dapat dinilai ibadah, dan ibadah ini dapat dilakukan dimana pun kita berada.

Meskipun dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, tetap saja ada aturan dan etika khusus dalam bersholawat. Ingin tahu apa yang harus dilakukan ketika bersholawat?
Ilustrasi bersholawat / Gambar via content.time.com

Inilah yang Harus Dilakukan ketika Bersholawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam

1. Membaca Sholawat saat Memanjatkan Do'a Kepada Allah Ta'ala

Dari Hadits Riwayat Ahmad bin Hanbal, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam mendengar seseorang berdo'a dan tidak memulainya dengan memuji Allah Ta'ala dan sholawat atas Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, maka beliau berkata kepadanya: 'Apabila seseorang sholat, maka hendaklah ia memulai dengan memuji Allah Ta'ala dan bersholawat atas Nabi, baru ia berdo'a, memohon apa yang ia inginkan kepada Allah Ta'ala'."

2. Bacalah Sholawat saat Malam Hari dan Hari Jum'at

Dalam Hadits Riwayat Ibnu Majah, Abu Daud, dan An-Nasa'i, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Sesungguhnya hari-hari yang paling mulia adalah hari Jum'at. Oleh sebab itu, perbanyaklah bersholawat atasku pada hari Jum'at."

3. Membaca Sholawat saat Tasyahud Awal dan Tasyahud Akhir

Dalam Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim, "Apabila seseornag diantara kalian sholat, maka hendaklah ia membaca "Attahiyyatul mubarakatuh, asshalawatut tayyibatulillah washalatu wassalamu'alaika ayyuhan nabiyyu, wa rahmatullahi wa barakatuh..."."

4. Bersholawat dalam Pertemuan Majelis Baik Keagamaan maupun Duniawi

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Tidaklah suatu kaum yang duduk dalam majelis, kemudian mereka tidak mengingat (berdzikir) kepada Allah Ta'ala dan bersholawat atas Nabi kecuali mereka mengalami kerugian di akhirat." (HR. Tirmidzi)

5. Membaca Sholawat saat Khutbah Sholat Jum'at, Sholat Idul Fitri, dan Sholat Idul Adha

Membaca sholawat saat khutbah sholat Jum'at, sholat Idul Fitri, dan sholat Idul adha merupakan salah satu rukun khutbah.

Selain yang telah disebutkan di atas, terdapat waktu lain yang dapat digunakan untuk bersholawat, seperti pada setiap nama Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam disebutkan, akhir qunut, setelah takbir kedua dalam sholat jenazah, saat khatam membaca Al Qur'an, dan lain sebagainya. Yang terpenting kita melakukannya dalam keadaan yang baik dan di tempat yang baik pula.

close