Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Sunday, June 3, 2018

Jangan Salah, Inilah Perbedaan Malam Nuzulul Qur'an dan Lailatul Qadar!

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat spesial daripada bulan lainnya. Pada bulan Ramadhan, semua amalan yang kita kerjakan pahalanya dilipat gandakan. Inilah saat yang tepat bagi kita untuk mencari banyak pahala. Selain itu, ada juga malam Nuzulul Qur'an dan Lailatul Qadar.

Seringkali, kita menganggap bahwa malam Nuzulul Qur'an dan Lailatul Qadar adalah dua hal yang sama. Namun sebenarnya, kedua malam ini berbeda. Lalu, apa perbedaannya?
Lailatul Qadar / Gambar via muslimvillage.com

Inilah Perbedaan Malam Nuzulul Qur'an dan Lailatul Qadar!

17 Ramadhan adalah malam peringatan Nuzulul Qur'an. Malam tersebut adalah malam dimana Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam mendapatkan wahyu Al Qur'an pertama kali.

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam saat itu berada di Gua Hira dan didatangi Malaikat Jibril. Disampaikanlah wahyu pertama Al Qur'an yaitu surat Al Alaq. Kemudian Al Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaih wa Sallam secara berangsur-angsur. Dan di tahun 2018 ini, 17 Ramadhan jatuh pada tanggal 1 Juni.

Sementara Lailatul Qadar adalah peringatan malam ketika Al Qur'an diturunkan langsung dari Allah Ta'ala secara keseluruhan baitul izzah (seperti ruang ilahiyah). Kemudian, barulah Malaikat Jibril memberikan kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam secara berangsur-angsur.

Malam Lailatul Qadar hanyalah Allah Ta'ala yang mengetahui. Malam yang mulia dan penuh berkah ini difirmankan dalam surat Ad-Dukhan: 3, "Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi."

Tentu kita sering mendengar bahwa malam Lailatul Qadar adalah lebih baik dari seribu bulan. Maksudnya adalah pada malam tersebut, malaikat turun ke bumi dan mengatur segala urusan, mulai dari takdir, rezeki, mati, jodoh, dan segalanya atas izin Allah Ta'ala.

Firman Allah Ta'ala dalam Surat Al-Qadr:
"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar."

Oleh karena itu, pada malam Lailatul Qadar kita diharapkan memperbanyak ibadah dan amalan-amalan baik, serta mintalah ampunan sebanyak-banyaknya pada Allah Ta'ala. Semoga kita selalu diberikan rahmat dan hidayah oleh Allah Ta'ala.

close