Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Sunday, June 10, 2018

Mau Mudik? Yuk Persiapkan Aplikasi ini untuk Mempermudah Perjalananmu!

Lebaran sudah di depan mata, kurang dari satu minggu umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Tentu ini adalah momen berharga dan paling ditunggu, terutama saat berkumpul dengan keluarga.

Tradisi yang masih terus dilakukan di Indonesia ketika Hari Raya Idul Fitri adalah mudik ke kampung halaman. Yang terpenting dari mudik adalah perjalanannya. Tentu kamu yang mudik ingin perjalanan yang nyaman selama mudik. Oleh karena itu, kamu perlu punya aplikasi yang menunjang mudikmu di smartphone. Apa saja itu?

Inilah Aplikasi yang Mempermudah Perjalananmu selama Mudik:

1. Info Mudik 2018

Info Mudik 2018 adalah aplikasi baru yang dikembangkan oleh perusahaan Tuturu Dev. Aplikasi ini dapat membantu mudik bagi yang mudik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.
Info Mudik 2018 / Gambar via apkpure.com
Bagi pemudik dengan kendaraan pribadi, Info Mudik 2018 memberikan info mengenai lalu lintas langsung dari NTMC POLRI. Tak hanya itu, informasi nomor penting juga diberikan untuk berjaga-jaga ketika terjadi kendala.

Bagi pemudik dengan kendaraan umum, aplikasi Info Mudik 2018 memberikan update informasi mengenai harga tiket kendaraan, baik bus, kereta, hingga pesawat. Yang terpenting adalah, aplikasi ini memiliki memorinya yang kecil, jadi tidak terlalu berat.

2. Google Maps

Google Maps / Gambar via xatakandroid.com
Meski Google Maps sudah default terpasang di smartphone, namun keberadaannya jarang digunakan. Nah, mudik adalah waktu yang tepat untuk menggunakannya. Google Maps memiliki pengaturan yang secara otomatis menyesuaikan peta dalam navigasi dengan tempat kita berada saat itu juga.

Selain itu, meskipun kita sedang fokus menyetir, kita tetap dapat memperoleh informasi karena Google Maps kini dilengkapi dengan Google Assistant yang akan memandu jalan melalui suara. Yang terpenting, Google Maps juga menampilkan tempat-tempat yang kita lewati, seperti SPBU, masjid, restoran, dan lainnya.

3. Mudik BPJS Kesehatan

Mudik BPJS Kesehatan / Gambar via merahputih.com
Seperti namanya, aplikasi Mudik BPJS Kesehatan dibuat oleh lembaga pemerintah yaitu BPJS Kesehatan. Tidak jauh dari urusan kesehatan, aplikasi Mudik BPJS Kesehatan akan membantu mengetahui letak fasilitas kesehatan terdekat.

Selain itu, Mudik BPJS Kesehatan juga memberikan informasi mengenai nomor penting dan informasi kantor BPJS terdekat. Jadi, ketika tiba-tiba sakit di perjalanan, kita bisa mengetahui info posko kesehatan melalui aplikasi Mudik BPJS Kesehatan ini.

4. JMCARe

JMCARe / Gambar via 100tekno.com
JMCARe adalah aplikasi yang dibuat oleh PT Jasa Marga. Aplikasi JMCARe dirancang untuk memberikan informasi bagi pengguna jalan tol. Fitur yang ada berupa push notification, smart assistance yang memberikan informasi pilihan jalur alternatif.

Lebih kerennya lagi, aplikasi ini juga menyediakan informasi pantauan arus lalu lintas secara langsung, sehingga dapat mengetahui tol mana yang macet maupun lengang. Tak lupa, ada nomor mobil derek yang dapat dihubungi ketika tiba-tiba mobil mogok di jalan tol.

5.Waze

Waze / Gambar via waze.com
Hampir sama seperti Google Maps, namun fitur pada Waze dinilai lebih lengkap. Selain apa yang ada seperti pada Google Maps, Waze juga memberikan informasi mengenai kecelakaan, perbaikan jalan, cuaca, sampai razia polisi terupdate.

Waze sendiri memiliki komunitas yang cukup aktif bernama Wazer. Sehingga, kita dapat terbantu oleh mereka ketika membutuhkan informasi mengenai bengkel, tempat peristirahatan, atau tempat lainnya dan Wazer cukup terpercaya dalam hal ini.

6. Sygic Offline

Sygic Offline / Gambar via windowsphonearea.com
Seperti namanya, Sygic Offline dapat diakses secara offline. Aplikasi ini memungkinkan kita dapat menyimpan peta secara offline. Karena ada kalanya ketika mudik kita melewati daerah yang minim sinyal sehingga sulit untuk mengakses peta.

Oleh karena itu, Sygic Offline membantu kita meski dalam keadaan offline. Keunggulan dari Sycig Offline adalah banyaknya POI (Point Of View) yang ditawarkan, jadi lebih akurat.

Sudah memiliki aplikasi untuk membantu perjalanan mudikmu?

close