Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Wednesday, June 6, 2018

Tak Sangka! Teknologi Hebat ini Tercipta karena Kecelakaan!

Sejak zaman ilmuwan pada abad pertengahan muncul hingga sekarang, manusia terus mengambangkan teknologi dan berusaha menciptakan penemuan-penemuan hebat. Penemuan teknologi yang mereka buat diharapkan dapat membantu dan mempermudah hidup manusia.

Tentu saja, teknologi tersebut dibuat dengan disengaja. Tapi, bagaimana jika teknologi hebat tercipta karena kecelakaan tidak disengaja?

Inilah Teknologi Hebat yang Tercipta karena Kecelakaan:

1. Microwave

Microwave / Gambar via ndtv.com
Seorang radar angkatan laut bernama Percy Spencer, tidak sengaja menemukan microwave yang sering kita gunakan sekarang. Awalnya, Spencer sedang bermain-main dengan pemancar radio, dan tanpa disadari coklat batangan di dekatnya mulai meleleh.

Meski kesal coklatnya meleleh dan tidak bisa membekukannya, ia justru menemukan alat yang digunakan untuk memanggang.

2. Anestesi

Anestesi / Gambar via salute.leonardo.it
Anestesi sangat penting dalam dunia medis, digunakan untuk membuat anggota tubuh mati rasa sehingga tidak sakit jika dilakukan operasi atau tindakan medis berbahaya lainnya. Adalah Crawford Long, Wiliam Morton, dan Charles Jackson, yang meneliti efek anestetik dari berbagai obat yang salah satunya nitrous oxide.

Senyawa inilah yang salah digunakan dan akhirnya menjadi obat anestesi.

3. Rontgen

Ketidaksengajaan Wilheml Rontgen pada tahun 1895 ini telah membawa teknologi rontgen. Saat itu, ia melakukan percobaan pada sinar katoda dan menyadari bahwa beberapa kardus neon di seluruh ruangan meyala meskipun lapisan kardus cukup tebal.
Wilheml Rontgen / Gambar via thefamouspeople.com
Tak hanya kardus, sinar tersebut juga menembus benda tebal lainnya termasuk juga kulit manusia. Akhirnya, rontgen digunakan dalam dunia medis untuk melihat gangguan yang ada di dalam tubuh manusia.

4. Stainless Steel

Stainless steel / Gambar via kitchenstuffplus.com
Harry Brearly, seorang ahli metalurgi Inggris yang sedang mengambangkan senapan laras panjang tahan karat justru melenceng dan malah menemukan stainless steel yang kini banyak digunakan dalam perabotan rumah tangga. Tapi beruntung, karena dengan ini peralatan makan kita tidak mudah berkarat.

5. Super Glue

Super glue / Gambar via survivalkit.com
Siapa sangka, perekat sintetis yang terbuat dari cyanoacrylate dan tidak sengaja ditemukan ini menjadi berguna di masa depan. Harry Coover, seorang pengembang lensa plastik untuk pengeker senapan, tidak berencana membuat perekat super. Tapi, akibat kesalahannya yang menemukan perekatt sintetis tersebut, ia justru menemukan lem super. 

Jadi, jangan langsung menilai kesalahan adalah suatu kegagalan ya guys! Siapa tahu kesalahan itu akan berguna di masa depan.

close