Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Saturday, June 2, 2018

Yuk Ikuti Aturan 20-20-20 agar Mata tetap Sehat!

Di era digital ini, bukan hal yang tidak mungkin jika kita diharuskan melihat layar komputer, laptop, atau gadget selama berjam-jam. Terlalu banyak melihat layar dapat menyebabkan mata kita lelah dan tak jarang kita akan mengalami minus.

Tapi tenang, ada cara yang dapat dilakukan agar mata tetap sehat meskipun kita sering berada di depan layar. Bagaimana caranya?
Ilustrasi mata sehat / gambar via musliminc.com

Yuk Ikuti Aturan 20-20-20 agar Mata tetap Sehat!

Aturan 20-20-20 dikemukakan oleh dokter mata California, Jeffrey Anshel, sebagai cara untuk menghindari kelelahan pada mata serta untuk mengistirahatkan otot mata kita. Maksud dari 20-20-20 adalah setiap 20 menit kita menghabiskan waktu untuk melihat layar, kita harus melihat sesuatu sejauh 6 meter selama 20 detik, dan seterusnya.

Kamu bisa men-setting alarm setiap 20 menit sebagai penanda kamu harus istirahat. Jika tidak ingin repot, kamu bisa mendapatkan aplikasi yang mendukung aturan 20-20-20, seperti ProtectYourVision atau eyeCare, atau aplikasi lainnya.

Kalau kamu berada di ruangan sempit atau sulit untuk melihat benda dengan jarak 6 meter, kamu bisa menutup mata selama kurang lebih 20 detik.

Penelitian ini telah terbukti efektif mencegah mata lelah. Bahkan, American Optometric Association dan American Academy of Ophthalmology merekomendasikan cara ini untuk mencegah mata lelah. Dan pada tahun 2013, sebanyak 795 mahasiswa ikut berpartisipasi dalam penelitian ini.

Cara lain untuk mencegah mata lelah adalah dengan menggunakan tetes mata supaya mata tidak kering. Selain itu, kamu juga bisa mengubah konfigurasi komputer, membuat tulisan dua kali lebih besar. Perhatikan juga kecerahan komputer, jangan terlalu cerah sehingga cahayanya menyilaukan. Mengubah teks dua kali lebih besar juga langkah yang baik agar mata tidak lelah.

Jadi, jangan sia-siakan mata sehat kita ya! Mencegah lebih baik daripada mengobati.

close