Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Thursday, July 26, 2018

Aneh, Benda ini sering Kita Jumpai tapi tidak Tahu Apa Artinya!

Suatu benda diciptakan pasti memiliki alasan dan kegunaan di setiap detailnya. Mungkin terlihat sepele, tapi ternyata ketika kita mengetahui maka kita akan paham mengapa didesain seperti itu.

Mungkin sebelumnya kamu tidak pernah berpikir mengapa di tepi buku tulis ada garisnya. Selain agar tulisan bisa rapi, tentu ada fungsi lainnya. Apa saja itu?

Inilah Benda yang sering Kita Jumpai tapi tidak Tahu Apa Artinya

1. Garis Tepian Buku

Di beberapa buku tulis terdapat garis tepi di sisi kanan dan kirinya. Bukan hanya supaya tulisan rapi dan lurus, tapi tujuan awal dibuatnya garis tepi ini adalah untuk menghindari serangan tikus.
Garis tepi kertas
Dengan adanya garis tepi, pemilik buku tidak akan menulis di luar garis tepi dan bisa ketahuan dari catatan mereka seberapa banyak tikus menggigit catatannya.

2. Celah Pipih pada Ujung Cutter

Kalau kamu perhatikan cutter di bagian ujung yang biasa kita pegang, bukan yang tajam, terdapat celah pipih. Celah pipih ini berfungsi untuk mematahkan ujung pisau cutter yang tumpul.
Cutter
Caranya adalah dengan menyelipkan ujung pisau yang telah dicopot ke celah pipih kemudian patahkan pelan-pelan.

3. Lubang di tengah Donat

Donat
Bukan hanya hiasan atau untuk membedakan kue donat dengan kue lain karena bolong di tengahnya. Tapi ternyata, lubang di tengah donat digunakan supaya tingkat kematangan donat antara yang pinggir dan yang tengah sama, karena teknologi zaman dahulu belum secanggih sekarang.

4. Lubang Kecil di bawah Gembok

Lubang kecil di bawah gembok
Coba perhatikan gembok yang kamu miliki, di sebelah lubang kunci pasti terdapat lubang kecil lainnya. Lubang kecil ini berguna untuk mengeluarkan air yang ada di dalam gembok ketika kehujanan misalnya, agar gembok tidak berkarat. Selain itu, untuk melumasi gembok juga dapat melewati lubang kecil ini.

5. Stiker Angka pada Buah

Angka-angka pada stiker kecil yang biasanya ada di buah memiliki informasi penting loh! Jika stiker diawali dengan angka 3 atau 4, artinya buah tersebut disemprot dengan pestisida.
Stiker angka pada buah
Sedangkan jika diawali dengan angka 8 dengan deretan angka 5 digit, maka buah tersebut telah mengalami modifikasi genetika. Untuk yang diawali dengan angka 9 dan berjumlah 5 digit, artinya buah tersebut adalah buah organik.

Sekarang, kamu jadi tahu artinya kan? Jadi, setiap detail suatu benda pasti memiliki tujuan mengapa ia diciptakan seperti itu. Yuk caritahu mungkin ada yang unik lainnya!

close