Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Thursday, July 19, 2018

Bahaya, jangan Merasa Cukup dengan Ilmu yang Kamu Miliki!

Umat Islam wajib menuntut ilmu, agar kita tidak terbelenggu dalam kebodohan. Ilmu apapun yang membawa kebaikan wajib kita pelajari, baik itu ilmu agama maupun ilmu pengetahuan lainnya.

Ketika telah memiliki ilmu, jangan langsung merasa cukup. Karena hal ini sungguh tidak baik. Mengapa hal tersebut tidak baik?
Belajar

Inilah Bahayanya mudah Merasa Cukup dengan Ilmu yang Kamu Miliki!

Dalam Al Qur'an surat Thaha ayat 114, Allah Ta'ala memerintahkan kepada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa sallam. Dan Katakanlah, "Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku." (QS. Thaha 114)

Ayat yang singkat dan padat ini mengandung pesan dan pelajaran yang dapat kita ambil. Yang pertama adalah, ayat ini mengajarkan kita untuk jangan berhenti menambah pengetahuan. Seperti di dalam Al Qur'an diawali dengan Iqro' (bacalah).

Yang kedua, orang yang berilmu kedudukannya lebih tinggi. Hal ini ada di dalam Al Qur'an dan telah diriwayatkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam.

Orang yang ingin sukses, baik di dunia maupun di akhirat, hendaklah menuntut ilmu. Ilmu itu luas dan tidak terbatas, tidak ada yang layak mengatakan "ilmuku sudah cukup".

Ilmu itu akan selalu bertambah seiring bertambahnya waktu. Akan selalu update dan kita sebagai manusia, selama kita masih dapat meraihnya, maka tuntutlah ilmu.

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam sangatlah cerdas, meski begitu beliau tetap diutus oleh Allah Ta'ala untuk menambah ilmu. Beliau tetap berdo'a kepada Allah Ta'ala untuk ditambah ilmunya.

Siapakah kita yang dengan sombongnya mengatakan sudah cukup ilmu? Jika demikian, secara tidak langsung kita telah sombong dan menganggap lebih baik ilmunya dari Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam. Astagfirullah.

Mempelajari ilmu itu baik, yang utama adalah ilmu agama, tapi kita juga dianjurkan untuk mempelajari ilmu lainnya, seperti sains, teknologi, ekonomi, matematika, dan ilmu lainnya.

Tetaplah menuntut ilmu di jalan Allah Ta'ala, niatkan mencari ilmu dengan ibadah. Tidak perlu harus menempuh pendidikan formal untuk memperoleh ilmu, dengan mendengarkan orang lain, membaca literatur terpercaya, dapat menjadi jalan bagi kita untuk menambah ilmu.

Semoga, kita tetap menjadi hamba-Nya yang haus akan ilmu.

close