Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Tuesday, July 31, 2018

Inilah Hati yang Sakit Menurut Al Qur'an, Adakah Diantaranya yang sedang Kamu Rasakan?

Penyakit bisa berarti apa saja, bukan hanya penyakit fisik yang bisa kita lihat dan obati dengan obat-obatan. Ada juga penyakit yang tidak dapat disembuhkan dengan obat-obatan, biasanya penyakit ini menyerang pikiran dan rohani manusia.

Bagian tubuh yang seringkali terserang penyakit seperti ini adalah hati. Hati kerap kali sakit, namun bukan obat penyembuhnya. Dan di dalam Al Qur'an, telah digolongkan macam-macam jenis penyakit hati. Apakah kamu sedang merasakannya?
Hati

Inilah Hati yang Sakit Menurut Al Qur'an:

1. Hati yang Berdosa

Hati digolongkan berdosa apabila hati tersebut menutupi kesaksian dari suatu kebenaran. Bisa dikatakan berbohong terhadap suatu kebenaran sehingga mengatakan yang tidak sesungguhnya.

"Dan janganlah kamu (para saksi) menyembunyikan kesaksian. Dan barang siapa yang menyembunyikannya, maka sesungguhnya ia adalah orang yang berdosa hatinya." (QS. Al Baqarah:283)

2. Hati yang Kasar

Hati yang kasar berhubungan dengan tidak adanya belas kasihan dan kasih sayang di dalamnya. Ini bisa berpengaruh pada perbuatan, yang mana pemilik hati ini melakukan hal-hal kasar pada orang lain, menghardik orang lain, hingga mencelakai orang lain.

Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an surat Ali Imran ayat 159, "Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu."

3. Hati yang Keras

Hati seperti ini tidak dapat diluluhkan oleh keimanan. Tidak dapat dipengaruhi oleh nasihat dan peringatan sehingga berpaling dari Allah Ta'ala. Seolah seperti batu yang keras tidak dapat ditempa oleh apapun.

Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an surat Al Ma'idah ayat 13, "Dan Kami jadikan hati mereka keras membatu."

4. Hati yang Berpenyakit

Hati yang berpenyakit di sini bukan maksud sakit seperti liver atau penyakit medis lainnya. Tapi hati yang terkena penyakit seperti keraguan serta kemunafikan yang dapat mempengaruhi pikiran dan perbuatan.

"Sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya." (QS Al Ahzab:32)

5. Hati yang Sombong

Hati tipe sombong adalah mereka yang berhati congkak, tidak mengakui ke-Esaan Allah Ta'ala. Seenaknya melakukan permusuhan dan perbuatan buruk lainnya. Merasa paling baik dari yang lainnya.

"Demikianlah Allah mengunci mati hati orang yang sombong dan sewenang-wenang." (QS Ghafir:35)

6. Hati yang Lalai

Lalau dalam mengingat Allah Ta'ala dan lebih memilih mendahulukan hal yang menyimpang daripada taat kepada Allah Ta'ala.

Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an surat Al Kahfi ayat 38, "Dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami."

7. Hati yang Ragu

"Sesungguhnya yang akan meminta izin kepadamu, hanyalah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah Ta'ala dan hari kemudian, dan hati mereka ragu-ragu, karena itu mereka selalu bimbang dalam keraguannya." (QS At Taubah:45)

Hati tipe ini sering galau karena keraguan. Misalnya galau ragu untuk bertaubat, ragu untuk segera berbuat baik dan meninggalkan keburukan.

8. Hati yang Alpa

Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an surat Al Anbiya ayat 3, "Hati mereka dalam keadaan lalai."

Ini yang sering terjadi belakangan, hati yang selalu mendahulukan hal duniawi dan melupakan akhirat. Selalu disesatkan dengan iming-iming keindahan dunia.

9. Hati yang Jauh dari Kebenaran

"Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan." (QS Ali Imran:7)

Hati yang jauh dari kebenaran adalah hati yang melenceng dari cahaya kebenaran. Selalu melakukan hal yang melenceng, hal yang salah, sehingga membawanya pada kesesatan.

10. Hati yang Terkunci

"Dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya." (QS Al Jatsiyah:23)

Yaitu hati yang sudah terkunci, tidak mau mendengarkan hidayah dan enggan bahkan untuk merenungkannya. Sehingga hatinya menjadi keras.

11. Hati yang Tertutup

Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an surat Al Baqarah ayat 88, "Dan mereka berkata: "Hati kami terutup"."

Hati yang memiliki penyakit tidak mau membuka untuk kebaikan, tidak dapat ditembus oleh ayat-ayat Allah Ta'ala dan sabda Nabi.

12. Hati yang Buta

"Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada." (QS Al Hajj:46)

Hati seperti ini tidak dapat melihat kebenaran, sehingga tidak bisa menemukan kebenaran.

Semoga kita semua terhindar dari penyakit hati. Mohonlah kepada Allah Ta'ala agar hati kita selalu berada dalam kebaikan.

close