Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Wednesday, July 18, 2018

Inilah Kehidupan yang Baik sesuai dengan Al Qur'an

Selama ini, manusia menginginkan kehidupan yang menyenangkan, kehidupan yang baik. Seringkali kita mengartikan kehidupan yang baik adalah kehidupan yang mulus saja tanpa cobaan.

Padahal, dimanapun kita berada, bagaimanapun keadaan kita, baik roda kehidupan di atas ataupun di bawah, kita tetap akan diberi cobaan oleh Allah Ta'ala. Lalu, bagaimana hidup yang baik sesuai dengan Al Qur'an?
Al Qur'an

Inilah Kehidupan yang Baik sesuai dengan Al Qur'an

Kehidupan yang baik adalah kehidupan yang penuh dengan kerelaan dan rasa syukur. Menerima segala yang diberikan oleh Allah Ta'ala.

Cobaan pasti datang, tapi dapat diatasi dengan penuh ketenangan. Karena percaya bahwa cobaan yang datang kepadanya diberikan Allah Ta'ala karena itu merupakan yang terbaik bagi umat-Nya. Dan setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

Di dalam hati manusia yang rela akan hidupnya, ia akan berkata, "Mungkin ada dosa yang aku perbuat sehingga mendatangkan masalah dalam hidupku." "Mungkin masalah ini dapat menggugurkan dosaku."

Terkadang, kesengsaraan yang kita rasakan bukan karena sedikitnya apa yang kita miliki, tapi kita terlalu sibuk mengitung kenikmatan milik orang lain.

Kehidupan yang baik menurut Ali bin Abi Tholib seperti firman Allah Ta'ala Surat An Nahl ayat 97,  "Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan".

Menurut beliau, kehidupan yang baik dalam ayat tersebut adalah Qana'ah. Yaitu merasa cukup dengan apa yang telah Allah Ta'ala berikan.

Oleh karena itu, bersyukurlah atas apa yang diberikan oleh-Nya karena setiap keputusan-Nya adalah yang terbaik untuk kita.

close