Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Monday, July 30, 2018

Inilah Perbedaan yang Harus Kita Pahami mengenai "Orang Sholeh" dan "Orang yang Beramal Sholeh"

Di dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar kata-kata "orang sholeh" dan "orang yang beramal sholeh". Keduanya hampir mirip, bahkan mungkin kita pun sulit membedakannya.

Begitu pun di dalam Al Qur'an, terdapat kata "orang-orang sholeh" dan juga "orang-orang yang mengerjakan kebajikan". Lalu, apa perbedaan keduanya? Bukankah sama saja?
Perbedaan Orang Sholeh dan Orang yang Beramal Sholeh

Inilah Perbedaan yang Harus Kita Pahami mengenai "Orang Sholeh" dan "Orang yang Beramal Sholeh"

Di dalam cuplikan surat Ali 'Imran ayat 46, yang artinya, "...orang-orang yang sholeh."

Di dalam cuplikan surat Al Isra' ayat 9, yang artinya, "Orang-orang yang mengerjakan kebajikan."

Perbedaan keduanya adalah, perdikat sholeh yang disandang oleh seseorang merupakan sifat yang terkait dengan amal perbuatan, yang telah menyatu dengan diri orang tersebut. Sedangkan beramal sholeh masih dalam tataran amal perbuatan.

Orang yang sudah mendapatkan predikat sholeh, tentu ia telah melakukan amalan-amalan yang sholeh. Perbuatannya selalu menunjukkan kebaikan.

Sementara orang-orang yang beramal sholeh, belum tentu sudah mencapai derajat sholihin. Karena ia masih dalam tahapan tataran perbuatan dan belum melekat pada dirinya.

Jadi, jangan salah lagi mengartikan dua hal yang hampir mirip ini ya. Semoga, dengan kita taat kepada Allah Ta'ala dan selalu mengerjakan kebajikan, kita akan dapat mencapai derajat orang-orang sholeh.

close