Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Thursday, July 26, 2018

Inilah Rahasia Hadits dan Manfaat Medis Mengapa Harus Memadamkan Lampu saat Tidur

Setiap orang memiliki cara sendiri dalam tidur, posisi, dan kebiasaan lainnya. Bukan hal yang aneh karena kita pun memiliki kebiasaan yang berbeda-beda.

Namun, ada hadits yang menganjurkan kita untuk memadamkan lampu ketika tidur. Mengapa demikian? Apakah ada juga alasan medisnya?
Manfaat mematikan lampu saat tidur

Inilah Rahasia Hadits dan Manfaat Medis Mengapa Harus Memadamkan Lampu saat Tidur

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Padamkanlah lampu-lampu di malam hari pada saat kalian tidur malam, kuncilah pintu dan tutuplah bejana, makanan dan minuman." (HR. Al Bukhari)

Tidak hanya dalam hadits saja, anjuran mematikan lampu saat tidur juga dibuktikan secara medis oleh seorang peneliti bernama Joan Robert.

Di dalam tubuh terdapat hormon yang disebut hormon melatonin, yang merupakan hormon kekebalan tubuh dan dapat memerangi serta mencegah sejumlah penyakit, termasuk kanker. Dengan tidur dalam kondisi gelap, tubuh akan memproduksi hormon melatonin. Sementara ketika dalam keadaan terang, produksi hormon melatonin terhenti.

Penelitian berikutnya yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer Genetics and Cytogenetics menemukan bahwa menyalakan cahaya buatan pada malam hari ketika tidur, dalam hal ini bisa berarti lampu, dapat memicu ekspresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker.

Penelitian ini diperkuat dengan penelitian yang dipublikasikan pada 17 November 2010 lalu pada acara Society for Neuroschience di Sand Diego. Dalam penelitian ini menyebutkan bahwa orang yang terkena cahaya di malam hari rentan terhadap depresi.

Masyaa Allah, ternyata hadits Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam yang sudah ada berabad-abad lalu ini terbukti oleh penelitian zaman sekarang dan terbukti manfaatnya sangat besar.

close