Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Saturday, July 28, 2018

Inilah Waktu yang Tepat Mengenalkan Anak pada Kisah Para Nabi dan Rasul

Banyak sekali kisah para nabi dan rasul yang dapat dijadikan contoh suri tauladan yang baik bagi anak-anak kita. Melalui kisah nabi dan rasul, anak dapat mengambil pelajaran salah satunya bentuk ketaatan kepada Allah Ta'ala.

Momen tepat saat ini adalah menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS, mengingat sebentar lagi umat Islam akan merayakan Idul Adha. Tapi, sebagai orang tua kita harus tahu usia yang tepat bagi anak untuk dikenalkan pada kisah nabi dan rasul.
ilustrasi membaca cerita

Inilah Waktu yang Tepat Mengenalkan Anak pada Kisah Para Nabi dan Rasul

Menceritakan kisah para nabi dan rasul kepada anak adalah hal yang baik. Karena banyak sekali keteladanan yang dapat diajarkan. Selain itu, agar anak juga mengerti bahwa untuk bertakwa kepada Allah Ta'ala banyak godaannya.

Tapi, anak tidak bisa langsung diceritakan kisah nabi dan rasul sejak bayi, atau berumur 2 tahun misalnya. Di usia ini, anak masih belum mengerti, dan bahkan tidak tahu apa itu nabi.

Begitu pun di usia 3 tahun, anak masih belum paham. Apa yang ia dengar dari kisah nabi dan rasul seperti fantasi pada dongeng. Hingga usianya 4 tahun, logika anak masih belum masuk ke dalam tahap keajaiban dari kisah nabi dan rasul.

Bisa saja ketika ia diceritakan kisah Nabi Ibrahim AS, ia berani memegang api karena dipikir api itu dingin. Atau ketika pergi ke pantai ia akan mencari kayu dan membelah lautan seperti apa yang dilakukan Nabi Musa AS.

Sebagai orang tua, kita harus pandai-pandai menyusun kalimat dalam menyampaikan. Jelaskan dengan baik bahwa semua bisa terjadi karena kehendak Allah Ta'ala dan tidak semua orang diberi keistimewaan seperti itu.

Oleh karena itu, usia yang tepat untuk diceritakan kisah nabi dan rasul adalah 5 tahun, dimana logika anak sudah dapat mencerna kisah yang disampaikan.

Semoga, kita bisa menjadi orang tua yang bijak dan baik dalam mendidik anak.

close