Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Saturday, July 21, 2018

Jangan hanya Membawa Al Qur'an, tapi Amalkan!

Pedoman hidup umat Islam adalah Al Qur'an dan hadits. Meskipun telah diturunkan berabad-abad lalu, tapi isi dari Al Qur'an masih tetap relevan dengan kehidupan manusia era modern saat ini.

Banyak orang yang sering membawa Al Qur'an di kantong, tas, atau menyimpannya di dalam rumah. Tapi, tidak banyak yang mengamalkannya, sehingga Al Qur'an hanya menjadi bawaan dan pajangan. Padahal, sangat buruk perumpamaan orang yang hanya membawa Al Qur'an, tidak mengamalkannya.
Bacalah dan Amalkan Al Qur'an

Jangan hanya Membawa Al Qur'an, tapi Amalkan!

Allah Ta'ala berfirman, "Perumpanaan orang-orang yang diberi tugas membawa Taurat, kemudian mereka tidak membawanya (tidak mengamalkannya) adalah seperti keledai yang membawa kitab-kitab yang tebal. Sangat buruk perumpamaan kaum yang mendustakan ayat-ayat Allah. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zhalim." (QS Al Jumu'ah:5)

Ayat ini menggambarkan betapa buruknya orang-orang yang hanya membawa kitab dan tidak mengamalkannya. Sama seperti umat muslim yang tidak mengamalkan Al Qur'an.

Banyak yang membawa Al Qur'an tapi tidak ada akhlak yang membekas pada dirinya. Banyak yang memiliki suara indah tapi tidak pernah melantunkan Al Qur'an dan merenungkan isinya. Banyak juga yang berdalil dengan Al Qur'an tapi peruatannya terbalik dengan apa yang diajarkan Al Qur'an.

Inilah mengapa perumpamaan tersebut disamakan dengan keledai. Keledai hanya memanggul kitab-kitab di punggungnya tanpa pernah membaca apalagi mengamalkannya, dan sama sekali tidak memahaminya.

Hal ini bisa menjadi penyemangat kita untuk terus belajar memahami Al Qur'an dan mengamalkannya. Bacalah Al Qur'an, selami maknanya, amalkan perbuatan baiknya.

close