Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Thursday, July 26, 2018

Jangan salah, Inilah Perbedaan antara Sholat Idul Fitri dan Idul Adha yang Harus Diingat!

Hanya kurang dari satu bulan lagi, kita akan merayakan Idul Adha yang jatuh pada tanggal 22 Agustus 2018. Pada Idul Adha nanti, umat Islam akan melaksanakan sholat ied, yang mana sholat ied ini hampir sama dengan sholat Idul Fitri pada 1 Syawal.

Meskipun sholat ied-nya disyariatkan dengan hukum yang sama, jumlah rakaat yang sama, sama-sama diikuti khutbah, dan kesamaan lainnya, tapi ada tiga hal yang paling membedakan antara sholat Idul Fitri dan Idul Adha. Apa saja itu?
Idul Adha / Gambar via thoughtco.com

Inilah Perbedaan antara Sholat Idul Fitri dan Idul Adha yang Harus Diingat:

1. Waktu

Waktu yang dimaksud bukanlah hari atau tanggalnya, melainkan waktu yang paling disunnahkan untuk mendirikan sholat. Meskipun sama-sama dilaksanakan dari matahari setinggi tombak sampai waktu matahari bergeser ke barat, namun disunnahkan untuk mensegerakan sholat Idul Adha dan melambatkan sholat Idul Fitri.

Alasan terkuat menurut Ibnu Qudamah adalah, sholat Idul Fitri disunnahkan untuk dilambatkan agar terbuka kesempatan luas untuk mengeluarkan zakat fitrah. Sedangkan sholat Idul Adha disunnahkan untuk disegerakan agar tersedia waktu lebih banyak untuk menyembelih hewan qurban.

2. Sarapan

Untuk waktu sarapan, ada perbedaan antara Idul Fitri dan Idul Adha. Pada Idul Fitri, disunnahkan makan sebelum sholat Idul Fitri. Sedangkan pada Idul Adha adalah sebaliknya, disunnahkan makan setelah sholat Idul Adha.

"Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam tidak keluar pada hari Idul Fitri hingga beliau makan, sedangkan pada hari Raya Qurban beliau tidak makan hingga kembali (dari sholat) lalu beliau makan dari sembelihannya." (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

3. Niat

Tentu karena berbeda sholat, yang diniatkan ketika sholat pun berbeda. Para ulama sepakat bahwa niat ditempatkan di dalam hati, tapi ada pula yang memperbolehkan untuk dilafadzkan.

Niat sholat Idul Fitri untuk makmum yaitu, "Usholli sunnatan 'iidil fithri rok'ataini ma'muuman lillaahi ta'aalaa" (Saya niat sholat sunnah Idul Fitri dua raka'at sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala).

Niat sholat Idul Adha yaitu, "Usholli sunnatan 'iidil adha rok'ataini ma'muuman lillaahi ta'aalaa" (Saya niat sholat sunnah Idul Adha dua raka'at sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala).

Jadi, jangan sampai salah lagi ya!

Wallahu a'lam

close