Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Monday, July 23, 2018

Rekor Sholat Tarawih Terlama selama 8 Jam!

Selalu ada cerita menarik di bulan Ramadhan. Di bulan yang penuh rahmat ini, kita melaksanakan sholat tarawih di malam hari setelah sholat isya'. Umumnya, sholat tarawih dilaksanakan selama 1 jam, atau ada juga yang 2 jam.

Kamu pasti pernah mendengar sholat tarawih tercepat, yaitu 23 rakaat selama 10 menit yang dilakukan oleh Ponpes Mamba'ul Hikam di Blitar. Dan ternyata, di Magetan juga ada loh rekor sholat tarawih tapi terlama yaitu selama 8 jam!
Ponpes Al Fatah Temboro, Magetan / Gambar via sewarga.com

Rekor Sholat Tarawih Terlama selama 8 jam!

8 jam, bukanlah waktu yang sebentar. Bayangkan, banyak hal yang bisa kita lakukan dengan waktu 8 jam, termasuk juga istirahat tidur di malam hari. Tapi, kyai, ustadz, dan santri di Ponpes Al Fatah Desa Temboro, Kecamatan Karas, Magetan, justru melaksanakan sholat tarawih selama 8 jam!

Rakaat sholat tarawih yang dilaksanakan sama seperti sholat tarawih lainnya, yaitu 20 rakaat sholat tarawih ditambah 3 rakaat sholat witir. Yang membedakan adalah surat yang dibaca, dimana dari rakaat pertama hingga ke-20 imam akan membacakan 30 juz.

Misalnya dibagi untuk setiap rakaat, imam akan membaca 1-2 juz dalam waktu sekitar 24 menit. Sistem sholatnya pun sama, yaitu 2 kali salam. Dan di sistem ini, para imam diganti sebanyak 4 kali.

Ustadz Zaenal Abidin, salah satu ustadz di Ponpes Al Fatah mengatakan, "Sholat dimulai pukul 19.00 WIB usai sholat isya, dan nanti akan selesai pukul 03.00 WIB, bersamaan orang makan sahur."

Tentu saja, jamaahnya pun tidak semua santri, tapi hanya santri-santri yang sudah hafidz Al Qur'an.

Ustadz Zaenal menuturkan bahwa kegiatan ini sudah dilaksanakan selama 4 tahun terakhir. Hal ini karena anjuran dari pimpinan pesantren, KH Uzairon Thoifur Abdullah. Ketika beliau menjabat sebagai pemimpin, beliau memberikan motivasi bagi para santri untuk semakin menghafal dan mengamalkan Al Qur'an.

KH Uzairon juga sering bercerita mengenai kisah Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dan para sahabat yang selalu menggunakan bacaan panjang ketika sholat tarawih. KH Uzairon berkesimpulan, jika para sahabat bisa, mengapa orang zaman sekarang tidak bisa? Akhirnya dilakukanlah sholat tarawih selama 8 jam ini.

Tentu yang melaksanakan sholat tarawih ini tidak pernah ketinggalan bangun sahur. Menurutmu bagaimana readers?

close