Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Sunday, July 29, 2018

Stres setelah Menjadi Fresh Graduate? Inilah Tips Mengatasinya!

Wisuda adalah momen yang paling dinantikan semua mahasiswa. Pasalnya, momen ini menunjukkan titik puncak kita selama perkuliahan, menunjukkan hasil kerja keras kita selama berkuliah.

Namun, kebahagiaan wisuda biasanya akan hilang setelah upacara perayaan itu selesai. Kita akan segera sadar bahwa tanggung jawab yang dipikul akan semakin besar. Terlebih saat melihat teman kita sudah mendapatkan pekerjaan dan kita masih menganggur.

Dalam istilah kedokteran, keadaan seperti ini disebut sebagai Post-Graduate Stress Disorder, yaitu keadaan stres setelah lulus. Agar kamu tidak mengalami hal tersebut, ada tips yang bisa kamu ikuti.

Inilah Tips Mengatasi Stres setelah Lulus Kuliah:

1. Jaga Kesehatan

Jaga kesehatan
Mungkin selama kuliah kamu kurang memperhatikan kesehatan, diet asal-asalan yang justru bikin tubuh makin nggak oke. Waktu senggang ini bisa kamu gunakan untuk menjaga kesehatanmu. Tubuh yang sehat membawa pikiran positif sehingga kamu pun dapat terhindar dari stres.

2. Mematangkan Rencana Masa Depan

Mematangkan rencana masa depan
Sadarkah bahwa meskipun kamu sudah lulus, rencana masa depanmu masih kabur. Kamu masih bingung menentukan kerja, bisnis, ataupun langsung membangun rumah tangga. Kamu masing bingung prioritasmu. Oleh karena itu, kamu bisa mematangkan visi ke depan dengan lebih baik.

3. Jangan Berpikir Teman-temanmu Lebih Hebat

Jangan berpikir temanmu lebih hebat
Jangan selalu merasa teman-temanmu lebih baik dari kamu. Hal ini justru membawa efek negatif buat kamu, kamu pun jadi sebela sama teman-teman. Sadarkan dirimu bahwa ini adalah bagian dari proses yang harus dijalani.

4. Tambah Pengalaman dan Link

Tambah pengalaman dan link
Selama jeda setelah wisuda dan belum memperoleh pekerjaan ini, kamu bisa menambah pengalaman dan link. Coba bergabung dengan komunitas yang kamu sukai dan tentunya bermanfaat untukmu. Tambah teman, banyak bergaul dengan orang lain, sehingga kamu bisa mendapat masukan.

5. Tetap Berkomunikasi dengan Teman Seperjuangan

Tetap berkomunikasi
Jangan anggap setelah lulus kamu akan lepas dari teman-temanmu. Justru, kamu harus menyempatkan diri untuk berhubungan dengan mereka. Saling sapa di sosial media misalnya. Karena kita tidak tahu, mungkin pekerjaanmu datang melalui temanmu.

Intinya, jangan langsung menyerah dan stres. Semua orang memiliki proses yang berbeda dalam hidup, ada yang lancar dan ada yang susah. Mungkin kamu belum memperoleh pekerjaan, sisi baiknya kamu bisa lebih dekat dengan keluarga sebelum sibuk bekerja. Tetap semangat ya!

close