Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Tuesday, July 10, 2018

Teknik Marketing Kreatif Bakmi Jowo yang Boleh Ditiru

Menjadi pengusaha membutuhkan mental tahan banting dan jiwa optimis agar membuahkan hasil. Kerja keras dan konsistensi adalah syarat mutlak agar pengusaha segera menemukan kesuksesannya.

Sebagian besar usaha biasanya berupa jualan. Membuat orang tertarik membeli produk yang kita jual terkadang memang susah-susah gampang. Tak harus selalu dengan kerja keras untuk berpromosi, namun juga kerja cerdas nan kreatif seperti kisah berikut ini.
ilustrasi gerobak bakmi jowo

Bakmi Jowo Legend di Jogja

Selain gudeg, Jogjakarta juga terkenal dengan kuliner bakmi jowo. Rebusan mie yang dipadukan bumbu-bumbu menggugah selera dengan siraman kuah kaldu, tak lupa telur dan irisan ayam kampung serta beberapa sayuran seperti kol, sledri, tomat dan lainnya, dengan mudah akan menggugah selera makan kita semua. Apalagi ditambah bakaran sate jeroan yang gurih berkecap, beuhhhhhh, pasti bikin nambah.

Tersebutlah sebuah bakmi jowo legend di Jogja. Alih-alih berlokasi di dekat jalan raya yang ramai, bakmi jowo ini malah berlokasi jauh dari jalan raya dan pusat keramaian. Bisa dibilang terpencil, dimana akses kesana juga harus melewati daerah sepi persawahan yang cukup menegangkan.

Bakmi yang enak namun tempatnya terpencil, tentu akan susah mendapat pelanggan. Oleh karenanya, sang pemilik bakmi jowo ini membuat suatu teroboson unik, nyleneh bin kreatif dalam memasarkan bakmi jowonya.

Marketing unik bakmi jowo

Awalnya sang pemilik menjajakan bakminya dengan berkeliling. Tiga hari pertama, tak ada seorangpun yang membeli bakmi jowo si bapak.

Tidak patah arang, di hari berikutnya, sang pemilik pun melakukan cara unik dalam menjajakan bakmi jowonya, yaitu dengan berteriak "habis, habis", sambil berkeliling mendorong gerobak. Hal ini ia lakukan sekitar semingguan.

Tentu saja orang-orang yang dilalui gerobak bakmi jowonya penasaran. Setelah itu, mulailah berdatangan orang-orang untuk membeli bakmi. Untungnya bakmi jowo si bapak ini benar-benar enak.

Setelah itu si penjual bakmi ingin mengembangkan usahanya dengan membuka rumah makan, bukan gerobak dorong lagi. Trik selanjutnya yang dilakukan adalah, si pemilik membayar sekitar 5-10 orang untuk menjadi pembeli bohongan. Orang-orang ini diminta menanyakan lokasi bakmi jowo si bapak pada orang lain.

Akhirnya, orang-orang yang ditanya pun penasaran dengan bakmi jowo si bapak, dan tentu saja mereka akhirnya tau tempat jualan bakmi jowo legend di Jogja tersebut.

Seminggu kemudian, si pemilik menyebarkan brosur. Melalui brosur ini, orang-orang semakin penasaran akan bakmi yang selalu ditanyakan dan diperbincangkan khalayak ramai.

Setelah beberapa teknik promosi yang nyleneh bin unik tersebut, mulailah bakmi jowo si bapak semakin ramai diserbu pembeli. Bahkan para pembeli pun rela harus antri selama 2 jam untuk dapat menikmati seporsi bakmi jowo legend di Jogja ini.

Gimana guys, tertarik melakukan teknik promosi yang nyeleneh bin unik seperti di atas untuk usahamu?

close