Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Wednesday, August 1, 2018

Apakah Kita dapat Menanggung Dosa Orang Lain? Inilah Jawabannya!

Sebagai manusia, kita tak pernah luput dari salah dan dosa. Sikap kita sebaiknya adalah berhati-hati dalam perilaku, ucapan, dan segala hal yang akan kita lakukan.

Kita selalu berpikir bahwa suatu perbuatan buruk mungkin akan selesai ketika kita melakukannya saja dan dosa yang kita tanggung adalah dosa kita saja. Tapi, bagaimana dengan orang lain yang ikut atas perbuatan buruk yang kita lakukan? Apakah kita juga menanggung dosa orang lain?
Ilustrasi

Inilah Jawaban Apakah Kita dapat Menanggung Dosa Orang Lain

Satu hal yang mungkin tidak kita pikirkan adalah orang lain yang melihat kita berbuat dosa. Kita mungkin berpikir bahwa dosa yang ditanggung adalah dosa dari perbuatan buruk kita.

Padahal sebenarnya, orang-orang yang mengikuti dan terinspirasi oleh perbuatan buruk kita, sehingga mereka melakukan hal buruk seperti apa yang kita lakukan, maka kita pun menanggung dosanya.

Allah Ta'ala berfirman, "Dan mereka benar-benar akan memikul dosa-dosa mereka sendiri, dan dosa-dosa yang lain bersama dosa mereka, dan pada hari Kiamat mereka pasti akan ditanya tentang kebohongan yang selalu mereka ada-adakan." (QS Al Ankabut:13)

Sungguh berat beban ini. Bayangkan dosa yang kita perbuat ditambah dosa orang lain yang mengikuti perbuatan buruk kita. Dan semua ini akan dipertanggung jawabkan kelak di akhirat.

Inilah mengapa hari pembalasan disebut dengan "Yauman Tsaqila", yang berarti hari yang begitu berat. Berat karena selain kita menanggung dosa yang kita perbuat, kita juga menanggung dosa orang yang berbuat dosa karena kita.

Jadi, jika kita belum bisa mengajak ke kebaikan, janganlah mengajak pada keburukan. Jika kita belum bisa mencontohkan yang baik, maka jangan contohkan keburukan.

Semoga Allah Ta'ala mengampuni segala dosa-dosa kita dan kita dihindarkan dari perbuatan buruk.

close