Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Friday, August 10, 2018

Apakah Kita Sudah Termasuk Orang yang Berakal Berdasarkan Al Qur'an?

Manusia dikatakan sebagai makhluk yang sempurna. Sempurna dari fisik dan pikirannya. Yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lain adalah akal.

Dengan akal, manusia dapat berpikir dengan baik. Dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Sayangnya, meskipun memiliki akal, masih ada beberapa orang yang tidak menggunakan akalnya dengan baik. Lalu, apakah kita sudah termasuk orang yang berakal berdasarkan Al Qur'an?
Akal

Apakah Kita Sudah Termasuk Orang yang Berakal Berdasarkan Al Qur'an?

Al Qur'an menyebutkan tanda orang berakal, yaitu adanya kata Ulul Albab (orang-orang berakal) yang disebutkan sebanyak 16 kali. Banyak sekali tanda orang berakal, tapi akan kita bahas salah satu saja di sini.

Allah Ta'ala berfirman, "(yaitu) mereka yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti apa yang paling baik diantaranya. Mereka itulah orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah dan mereka itulah orang-orang yang mempunyai akal sehat."(QS Az Zumar 18)

Berdasarkan surat Az Zumar ayat 18 ini, orang-orang berakal adalah mereka yang mau mendengarkan ucapan dan pendapat orang lain yang tidak sejalan dengan pendapatnya. Ia tidak malu untuk mengakui kebenaran pendapatn orang lain dan tidak ragu untuk memilih mana yang benar.

Hal ini menjadi miris ketika pada zaman sekarang banyak orang yang tidak mau mendengarkan pendapat orang lain. Ketika ada suatu pendapat, ia lalu mengatakan bahwa itu tidak benar, itu salah, bahkan mengatakan hal tersebut sesat. Padahal ia belum memilah dan memikirkannya terlebih dahulu.

Kesombongan ini membawa seseorang merasa dapat hidup sendiri tanpa membutuhkan orang lain. Padahal, kita tentu membutuhkan bantuan orang lain dalam hidup kita.

Lihatlah diri kita, apakah kita belum bisa mendengar semua pendapat orang lain? Apakah kita tidak mau memilih dan memilah masukan orang lain? Bisa jadi, kita belum berakal.

Oleh karena itu, cobalah untuk mendengar semua pendapat, kemudian pilih dan pilah mana yang baik dan sesuai dengan ajaran Allah Ta'ala. Semoga kita senantiasa menjadi muslim yang berakal.

close