Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Sunday, August 12, 2018

Hanya dengan Berusaha? Tidak akan Cukup untuk Meraih Kebahagiaan!

Mencapai kebahagiaan adalah tujuan dari banyak orang. Meraih kebahagiaan yang baik bukan hanya kebahagiaan di dunia, melainkan juga kebahagiaan di akhirat.

Namun, hanya dengan satu usaha saja tidak akan cukup untuk meraih kebahagiaan. Lalu, bagaimana cara kita untuk dapat meraih kebahagiaan?
ilustrasi berusaha

Hanya dengan Berusaha? Tidak akan Cukup untuk Meraih Kebahagiaan!

Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an surat Huud ayat 105-108:

"Di kala datang hari itu, tidak ada seorang pun yang berbicara, melainkan dengan izin-Nya; maka diantara mereka ada yang celaka dan ada yang berbahagia.

Adapun orang-orang yang celaka, maka (tempatnya) di dalam neraka, di dalamnya mereka mengeluarkan dan menarik nafas (dengan merintih),

Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki.

Adapun orang-orang yang berbahagia, maka tempatnya di dalam surga, mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain); sebagai karunia yang tiada putus-putusnya.
"

Yang perlu kita perhatikan dari ayat Al Qur'an ini adalah penggunaan lafadz "syaquu" yang menggunakan Sighoh Mabni Lil Ma'lum, yang artinya adalah "mereka yang celaka".

Sementara lafadz "su'iduu" menggunakan Sighoh Mabni Lil Majhul, yang berarti mereka yang dibahagiakan.

Yang perlu dipertanyakan, mengapa keduanya berbeda? Yang satu disebut "celaka" yang satu disebut "yang dibahagiakan"?

Ternyata, perbedaan ini mengandung arti bahwa manusia seringkali memilih jalan kesengsaraan, padahal ini pilihan mereka sendiri, bukannya memilih jalan yang membuatnya bahagia.

Sedangkan mereka yang memilih jalan kebahagiaan, membutuhkan pertolongan dari Allah Ta'ala. Tanpa pertolongan dari-Nya, tidak mungkin kebahagiaan itu diraih.

Ingat, Allah Ta'ala memberikan pertolongan kebahagiaan bagi mereka yang ikhtiar dan berusaha memilih jalan kebahagiaan.

Wallahu a'lam

close