Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Saturday, August 4, 2018

Hati-hati! Tindakan ini Mengantarkan Manusia pada Su'ul Khotimah

Ada yang mengatakan bahwa ketika orang meninggal, ia akan meninggal dalam kegiatan seperti yang ia lakukan dalam keseharian. Tetapi intinya, semua orang ingin meninggal dalam keadaan yang baik, keadaan khusnul khotimah.

Meninggal dalam keadaan khusnul khotimah insyaa Allah dapat mengantarkan manusia ke surga. Sebaliknya, kita perlu berhati-hati dengan kebalikannya, yaitu su'ul khotimah.
ilustrasi kematian

Hati-hati! Tindakan ini Mengantarkan Manusia pada Su'ul Khotimah

Su'ul khotimah adalah mati dalam keadaan yang buruk. Puncak dari kehidupan manusia adalah ketika di akhir hayatnya. Inilah yang perlu kita waspadai.

Ada orang yang sejak muda banyak sekali amal kebaikan yang ia lakukan. Tapi di akhir usianya, ia justru berpaling dari Allah Ta'ala. Banyak sekali faktor yang menyebabkan, baik dari diri sendiri, lingkungan, pengaruh teman, dan kesemuanya adalah hasutan setan karena lemahnya iman.

Sebaliknya, ada yang semasa muda ia jarang berbuat kebaikan, bahkan cenderung hidupnya berpaling dari Allah Ta'ala. Tetapi di akhir usianya, ia justru bertaubat dan kembali ke jalan Allah Ta'ala hingga ia dipanggil menghadap kepada-Nya dalam keadaan khusnul khotimah.

Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an surat Ibrahim ayat 27, "Allah Meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh (dalam kehidupan) di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang zalim dan Allah berbuat apa yang Dia kehendaki."

Berdasarkan ayat tersebut, penyebab orang mengalami su'ul khotimah adalah perbuatan zalim. Oleh karena itu, berhati-hatilah pada perbuatan zalim kepada sesama. Karena sudah sangat jelas di dalam Al Qur'an, "Allah menyesatkan orang-orang yang zalim...".

Naudzubillah, semoga kita selalu dalam lindungan Allah Ta'ala.

close