Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Thursday, August 9, 2018

Ini yang Terjadi pada Bayi Apabila Sang Ibu terkena Cacar Air saat Hamil

Kehamilan adalah momen penting bagi pasangan suami istri. Pasalnya, ketika hamil sang ibu dan calon bayi harus benar-benar dijaga agar tidak terjangkit penyakit sehingga nanti saat hari lahir tiba, bayi yang dilahirkan serta sang ibu sehat.

Namun, bagaimana jika sang ibu terkena sakit cacar air sewaktu hamil? Apakah akan berpengaruh pada kondisi buah hati?
Waspada cacar air saat hamil

Inilah yang Terjadi pada Bayi Apabila Sang Ibu terkena Cacar Air saat Hamil

Cacar air dapat menjadi masalah serius bagi ibu hamil dan juga bayi dalam kandungannya. Tentu perkembangan janin dapat berbahaya saat sang ibu terkena cacar air.

Jika sudah ada tanda-tanda cacar air, seperti demam, timbul bintik merah, dan gatal, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Karena jika telat ditangani, maka akan menyebabkan komplikasi seperti pneumonia yang dapat menyerang ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.

Kelainan lain yang dapat terjadi diantaranya:

1. Neonatal Varicella

Yaitu jenis infeksi yang mengancam bayi baru lahir. Infeksi ini bisa terjadi apabila sang ibu menderita cacar air beberapa hari atau 48 jam sebelum melahirkan.

2. Hepatitis

Meskipun cacar air saat hamil dapat menyebabkan komplikasi, namun risiko tersebut jarang terjadi.

3. Conginetal Varicella Syndrome

Jika ibu hamil menderita cacar air di 20 minggu pertama kehamilan, maka bisa dimungkinkan menderita sindrom ini. Akibat dari sindrom ini, sang bayi dapat menderita perlambatan pertumbuhan pada tangan dan kaki, pembengkakan pada kedua mata, dan perkembangan otak yang tidak sempurna.

Jika ibu hamil menderita cacar air saat kehamilan, nantinya ketika bayi lahir maka dokter akan memberikan antibodi cacar air yang disebut varicella zoster immune globulin (VZIG). Tapi, selain kasus cacar air jarang terjadi pada ibu hamil, cacar air dapat sembuh dengan pengobatan tanpa efek berbahaya bagi sang bayi.

Yang terpenting, ketahui kejala awal cacar air sehingga penanganan cepat dapat diperoleh bagi ibu hamil.

close