Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Sunday, August 5, 2018

Inilah Hal yang Pasti Dialami oleh Manusia dan tidak dapat Terelakkan!

Allah Ta'ala sudah menggariskan takdir manusia, mulai dari lahir hingga ia meninggal dunia. Meski sudah ditakdirkan, ada beberapa takdir hidup yang dapat dirubah oleh manusia melalui usaha keras dan do'a, seperti kepandaian dan kekayaan.

Meskipun setiap manusia memiliki takdir yang berbeda, tapi semua akan menerima hal yang sama meski dalam takaran yang berbeda. Apa saja itu?
Ilustrasi

Inilah Hal yang Pasti Dialami oleh Manusia dan tidak dapat Terelakkan!

1. Kematian

Kematian adalah fase kehidupan, yang mana kematian mengantarkan manusia pada kehidupan yang sebenarnya, yaitu di akhirat.

Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an surat Ali Imran ayat 185, "Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati."

2. Dibangkitkan

Mati bukan berarti seseorang akan terus tertidur dalam kematian. Melainkan akan dibangkitkan kembali untuk menjalani kehidupan akhirat.

Allah Ta'ala berfirman, "dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak Kami tinggalkan seorangpun dari mereka." (QS Al Kahfi:47)

3. Dibacakan buku Catatan Amal

Setiap manusia memiliki catatan amal perbuatan selama hidup di dunia. Setelah dibangkitkan, catatan manusia inilah yang akan dibacakan untuk kemudian ditimbang.

"Bacalah kitabmu, cukuplah dirimu sendiri pada waktu ini sebagai penghisab terhadapmu." (QS Al Isra':14)

4. Ditimbang Amal Perbuatannya

Perbuatan yang dilakukan oleh manusia tidak hanya satu perbuatan, perbuatan baik saja atau buruk saja. Melainkan campuran dari perbuatan baik dan buruk. Tapi, kadar jumlahnya berbeda. Untuk itulah perlu adanya penimbangan amal perbuatan.

Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an surat Al Anbiya' ayat 47, "Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikitpun."

5. Dihitung Amal Perbuatannya

Setelah ditimbang, amal perbuatan tersebut dihitung. Apakah lebih banyak amal baik atau sebaliknya, amal buruk yang lebih banyak.

Allah Ta'ala berfirman, "Kemudian sesungguhnya kewajiban Kami-lah menghisab mereka." (QS Al A'la:26)

6. Melewati Jembatan (Siroth)

Semua orang akan menyeberangi jembatan (siroth) untuk sampai pada tahap berikutnya, yaitu pertanggungjawaban amal perbuatan.

Di dalam Al Qur'an surat Maryam ayat 71, Allah Ta'ala berfirman, "Dan tidak ada seorangpun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu."

7. Diminta Pertanggungjawaban

Semua perbuatan yang dilakukan oleh manusia di dunia akan diminta pertanggung jawabannya.

Allah Ta'ala berfirman, "Maka demi Tuhanmu, Kami pasti akan menanya mereka semua." (QS Al Hijr:92)

8. Diberi Balasan

Setiap perbuatan ada konsekuensinya. Setiap perbuatan akan dibalas, perbuatan baik akan dibalas kebaikan sementara perbuatan buruk akan dibalas dengan keburukan pula.

Allah Ta'ala berfirman, "Sesungguhnya hari kiamat itu akan datang Aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang ia usahakan." (QS Thaha ayat 15)

Karena kita semua akan mengalami masa-masa tersebut, sebaiknya mulai dari sekarang kita harus membekali diri kita. Baik bekal berupa ibadah yang baik serta amalan-amalan sholeh lainnya.

Wallahu a'lam

close