Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Wednesday, August 1, 2018

Inilah Manfaat yang Besar Dibalik Sedekah Makanan

Untuk melangsungkan kehidupan, manusia membutuhkan makan dan minum. Hal ini supaya tubuh memiliki energi sehingga dapat berfungsi dengan baik. Dapat beribadah dengan baik, dapat melakukan kegiatan tanpa lemas, dan banyak fungsi lainnya.

Tapi, bagaimana dengan orang yang tidak mampu untuk membeli makan? Sebagai orang Islam, kita dianjurkan untuk memberi sedekah makanan pada saudara kita yang kurang mampu. Dan inilah manfaat besar dibaliknya!

ilustrasi sedekah makanan

Inilah Manfaat yang Besar Dibalik Sedekah Makanan

Memberi makan kepada siapapun di dalam Islam mendapatkan pahala yang amat besar. Namun, ada penekanan tertentu di dalam Al Qur'an yang menganjurkan untuk memberi makan orang miskin dan orang yang membutuhkan.

Allah Ta'ala berfirman, "Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Maka itulah orang yang menghardik anak yatim. dan tidak mendorong memberi makan orang miskin." (QS Al Ma'un 1-3)

Mengingat pentingnya memberi makan pada orang miskin dan orang yang membutuhkan, hal mengenai tidak memberi makan orang miskin digolongkan dalam perbuatan mendustakan agama.

Kisah yang berhubungan dengan hal ini dan sangat menginspirasi adalah kisah dari Sayyidah Fatimah Azzahra, putri dari Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam.

Keluarga Fatimah memberi makanan yang dimiliki kepada orang miskin, anak yatim, dan tawanan. Padahal, saat itu mereka sendiri tidak memiliki makanan selain yang telah diberikan. Ini menandakan begitu pentingnya memberi makanan bagi orang yang miskin dan membutuhkan.

Sebaliknya, bagi orang yang kikir terhadap hal memberi makan orang miskin, Allah Ta'ala langsung mengancam melalui Firman-Nya di dalam Al Qur'an surat Al Haqqah ayat 30-31.

"Tangkaplah dia lalu belenggulah tangannya ke lehernya. Kamudian belitlah dia dengan rantai yang panjangnya 70 hasta."

Oleh karena itu, mulailah membiasakan diri dengan memberi makan pada orang miskin atau orang yang membutuhkan. Jika kita belum mampu memberi makan setiap hari, bisa dibiasakan dengan memberikan makan seminggu sekali kepada orang yang membutuhkan.

close