Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Monday, August 13, 2018

Inilah Olahan Daging Idul Adha Anti Mainstream! Bukan hanya Sate dan Rendang!

Sebentar lagi umat Islam akan merayakan hari Idul Adha. Idul Adha identik dengan daging, karena memang selain sholat Idul Adha, yang menjadi highlight dari hari raya ini adalah upacara penyembelihan hewan qurban.

Biasanya, orang-orang akan mendapatkan daging dari panitia qurban. Bermacam-macam daging bisa didapatkan, misalnya daging sapi, kambing, atau juga kerbau. Kebanyakan orang pun mengolahnya menjadi menu yang mainstream, seperti sate dan rendang. Untuk kamu yang ingin antimainstream, kamu bisa coba menu di bawah ini:

Inilah Olahan Daging Idul Adha Anti Mainstream, selain Sate dan Rendang!

1. Dendeng Balado

Dendeng Balado / Gambar via YouTube Nadyacookingcom
Sama dengan rendang yang asli Sumatera, namun dendeng balado lebih identik dengan daging yang tipis dan kering. Daging sapi diiris tipis dan lebar, kemudian dikeringkan. Setelah itu digoreng dengan tambahan bumbu balado.

2. Tongseng

Tongseng / Gambar via unileverfoodsolutions.co.id
Biasanya tongseng yang kita temukan di rumah makan adalah tongseng kambing. Namun, kamu bisa membuat tongseng dengan daging lainnya. Bumbu yang dibutuhkan pun sama, jadi tinggal berinovasi dengan dagingnya saja.

3. Empal Gentong

Empal Gentong / Gambar via theboxsceneproject.org
Hampir mirip dengan gulai, bedanya empal gentong dibuat dari daging sapi, usus, babat, dan bagian lain dari tubuh sapi. Kemudian dimasak dengan tungku dan kayu bakar dari pohon mangga, serta diwadahi gentong. Tentu akan memiliki cita rasa yang berbeda dengan masakan lain.

4. Daging Teriyaki

Daging teriyaki / Gambar via blueapron.com
Jika kamu ingin mencoba masakan luar negeri dengan daging qurban, cobalah masak daging teriyaki. Bumbunya mudah, bahkan sudah banyak bumbu instan yang dijual di supermarket. Tinggal tambahkan irisan bawang bombai dan paprika, kamu bisa dapatkan masakan yang tidak biasa.

5. Krengsengan Daging

Krengsengan daging / Gambar via cookpad.com
Krengsengan daging berasal dari Jawa Timur. Kini, tidak hanya daging yang ada di dalam masakan, tapi juga usus, iga, atau bagian lainnya. Uniknya, di dalam masakan ini mengandung petis udang yang jarang ada pada masakan lain.

Tertarik mencobanya saat Idul Adha nanti?

close