Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Monday, August 6, 2018

Inilah Penyebab Mengapa Hati Susah untuk Menerima Kebenaran

Kehidupan ini banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil. Pelajaran bahwa tidak semua hal yang kita dapat itu menyenangkan, tapi ada pula yang menyedihkan.

Kebenaran adanya hal yang menyedihkan ini tentu tidak semua orang dapat menerimanya. Ada yang mudah untuk sadar dan menerima akan kebenaran, sementara yang lain seolah menutup mata tidak mau tahu. Lalu, apa yang menjadi penyebab hati seseorang susah untuk menerima suatu kebenaran?
Kebenaran

Inilah Penyebab Mengapa Hati Susah untuk Menerima Kebenaran

Seseorang dapat menerima kebenaran dengan besar hati dikarenakan lapangnya hati orang tersebut. Ia mudah memahami kebenaran, ia paham baha semua ini sudah digariskan dan pasti ada hikmah dibaliknya.

Ia banyak mengkaji, mencari tau, mendekati ulama' dan orang-orang bijak untuk belajar bersama mereka. Serta ia mensucikan diri dan meninggalkan dosa, khususnya dosa akan makanan haram.

Faktor lain pun menentukan bahwa hatinya mudah tersentuh oleh kebenaran. Ia yakin, bahwa kebenaran ini mutlak adanya.

Semantara orang lainnya berhati keras dan kaku. Mereka tidak mau menerima kebenaran, tidak mau mencari tau dan banyak berbuat dosa.

Hal tersebut bisa ditimbulkan karena seringnya ia berdebat dengan perdebatan yang tidak dilandaskan dengan ilmu, memiliki teman yang buruk, serta mengutamakan dunia diatas segala-galanya.

Orang-orang seperti ini biasanya akan sulit untuk menerima kebenaran meksi ada di hadapannya.

Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an surat Al An'am ayat 125, "Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki langit."

Oleh karena itu, banyaklah belajar ilmu Allah Ta'ala, menyadarkan diri bahwa kebenaran adalah mutlak adanya.

close