Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Sunday, August 12, 2018

Inilah Sikap yang Tepat untuk Melawan Kedzaliman

Dzalim (dholim) dalam ajaran Islam berarti meletakkan suatu perkara bukan pada tempatnya. Dzalim juga bisa digunakan untuk melambangkan sifat kejam, bengis, tidak berperikemanusiaan, ketidak adilan, dan sifat buruk lainnya.

Di dalam Islam, muslimin tidak boleh bersifat dzalim. Bahkan saking bahayanya, kita pun dilarang untuk condong atau bekerjasama dengan orang yang dzalim. Lalu, bagaimana sikap yang tepat bagi kita untuk melawan kedzaliman?
Ilustrasi

Inilah Sikap yang Tepat untuk Melawan Kedzaliman

Di dalam Al Qur'an, Allah Ta'ala menyebutkan dengan sangat jelas bahwa kita tidak boleh cenderung kepada orang yang dzalim. Yang mana kita akan mendapatkan siksa di akhirat.

"Dan janganlah kamu cenderung kepada orang yang dzalim yang menyebabkan kamu disentuh api neraka, sedangkan kamu tidak mempunyai seorang penolong pun selain Allah, sehingga kamu tidak akan diberi pertolongan." (QS Hud:113)

Hal yang bisa kita renungkan berdasarkan ayat tersebut, adalah untuk tidak condong bahkan bekerja sama dengan orang dzalim. Siapa pun bisa menjadi orand yang dzalim.

Banyak hal yang mengindikasikan orang tersebut dzalim, misalnya memotong rezeki orang lain, sehingga menjadikan orang tersebut kesulitan dalam kehidupannya. Dan dzalim dalam hal yang lain.

Kedua, mereka yang condong kepada orang dzalim akan mendapatkan dua ancaman berat. Yang pertama yaitu mendapat siksa api neraka, dan yang kedua yaitu tidak pernah diberi pertolongan oleh Allah Ta'ala.

Oleh karena itu, janganlah condong atau dekat dengan orang yang dzalim. Karena ketika kita dekat saja dengan orang dzalim, kita dapat terpengaruh olehnya. Dan yang terpenting, jangan pernah mengiyakan rencana dzalim mereka.

Jika khilaf, ingatlah Allah Ta'ala. Ingatlah ayat dari surat Hud ayat 113. Sungguh sangat mengerikan hal yang kita terima apabila bekerjasama dengan orang yang dzalim.

Bahkan, Sayyidina Ali bin Abi Tholib pernah berpesan kepada anaknya, "Jadikan diri kalian berdua musuh bagi orang dzalim dan pembela bagi orang yang terdzalimi."

Wallahu a'lam.

close