Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Monday, August 6, 2018

Inilah Tahapan yang Harus Dilalui untuk Menjalin Kedekatan dengan Al Qur'an

Al Qur'an telah diturunkan berabad-abad silam, yang mana menjadi pedoman hidup hingga sekarang dan sampai nanti hingga waktu yang tidak ditentukan. Al Qur'an bukan hanya sebagai kitab suci yang wajib dimiliki umat islam, tapi juga pedoman yang harus diamalkan.

Sama halnya seperti sebuah hubungan, untuk menjalin kedekatan dengan Al Qur'an juga dibutuhkan adanya tahapan. Apa saja tahapan itu?
Al Qur'an

Inilah Tahapan yang Harus Dilalui untuk Menjalin Hubungan dengan Al Qur'an

1. Mendengarkan

Ketika ada ayat Al Qur'an dibacakan, atau kamu mendengar seseorang membaca Al Qur'an, maka diamlah. Dengarkan bacaan tersebut. Dengan hanya mendengarkan, kamu sudah mendapatkan pahala dari Allah Ta'ala. Hati pun menjadi lebih sejuk dan tenang.

Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an surat Al A'raaf ayat 204, "Dan apabila dibacakan Al Qur'an, maka dengarkanlah dan diamlah, agar kamu mendapat rahmat."

2. Membaca

Setelah mendengarkan, tahapan selanjutnya adalah membaca Al Qur'an. Dari mendengarkan kita bisa tahu bacaaan Al Qur'an, apalagi ketika mendengarkan kita sambil menyimak, sehingga mengetahui bagaimana cara baca Al Qur'an.

Allah Ta'ala berfirman, "Dan bacalah Al Qur'an itu dengan perlahan-lahan." (QS Al Muzzammil:4)

3. Menghafal

Sekarang ini semakin banyak para penghafal Al Qur'an yang bermunculan. Ini sangat baik, karena Al-Qur'an akan menjadi syafaat di hari kiamat kelak bagi para pembacanya, terlebih penghafalnya. Bahkan orang tua penghafal qur'an akan diberi pakaian yang berbeda dari yang lain di hari akhir nanti.

Allah Ta'ala berfirman, "Sebenarnya, (Al Qur'an) itu adalah ayat-ayat yang jelas di dalam dada orang-orang yang berilmu." (QS Al Ankabut:49)

4. Merenungkan

Dengan menghafal Al Qur'an kita jadi tahu makna yang terkandung di dalamnya. Kita bisa merenungkan, apakah perbuatan kita sudah sesuai dengan pedoman di dalam Al Qur'an atau belum. Dan bagaimana kita dapat berbuat sesuai dengan ajaran Al Qur'an.

Allah Ta'ala berfirman, "Kitab (Al Qur'an) yang Kami turunkan kepadamu penuh berkah agar mereka menghayati ayat-ayatnya dan agar orang-orang yang berakal sehat mendapat pelajaran." (QS Shad:29)

5. Mengamalkan

Mungkin masih sulit bagi kebanyakan dari kita untuk mengamalkan perbuatan sesuai dengan Al Qur'an. Tahapan inilah yang paling sulit, tapi kita tetap bisa melakukannya. Dengan izin Allah Ta'ala dan niat yang baik, insyaa Allah kita dapat mencontoh dan mengamalkan perbuatan dari dalam Al Qur'an.

Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an surat Az Zumar ayat 18, "(yaitu) mereka yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti apa yang paling baik diantaranya."

Inilah tahapan untuk menjalin kedekatan dengan Al Qur'an. Ayo mulai sekarang, cek kedekatan kita dengan Al-Qur'an, sudah sejauh manakah.

Wallahu a'lam

close