Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Wednesday, August 8, 2018

Inilah Wasiat Rasulullah untuk Berpikir sebelum Bertindak

Diri kita memiliki tubuh kita, yang dapat kita kendalikan semau kita. Kita ingin melakukan sesuatu, boleh-boleh saja, apapun itu. Termasuk juga dalam bergaul dan memilih teman.

Tubuh yang kita miliki akan berjalan sesuai dengan perintah kita. Jika kita memerintahkan untuk melakukan hal yang baik, maka ia akan melakukan hal baik. Dan selaiknya, jika memerintahkan untuk melakukan hal yang buruk, maka ia akan melakukan hal buruk.
berfikir sebelum bertindak

Inilah Wasiat Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam untuk Berpikir sebelum Bertindak

Kita hidup di dunia ini bagaikan supermarket. Kita boleh memilih perbuatan apapun yang akan kita lakukan, tapi nantinya akan dipertanggung jawabkan semuanya.

Seperti halnya supermarket, kita boleh memilih barang apapun untuk dibeli, dan akhirnya kita akan menuju kasir untuk menghitung barang yang kita ambil tersebut.

Tapi, alangkah bijaknya apabila sebelum kita memutuskan untuk berbuat sesuatu, hendaknya kita berpikir. Apakah hal itu akan mendatangkan keburukan bagi diri dan orang lain? Apakah jika dilakukan akan mendatangkan kebaikan?

Kita tidak pernah tau sebanyak apa amalan dan pahala yang kita lakukan. Daripada sibuk menghitung pahala yang tidak kita ketahui, lebih baik untuk terus berbuat kebaikan.

Misalnya saja, sekelompok teman berbuat kemaksiatan. Tidak pernah melakukan hal yang baik dan selalu merugikan orang lain. Pada suatu hari, salah satu dari kelompok pertemanan tersebut meninggal dunia.

Ia meninggal dalam keadaan masih banyak dosa. Kemudian, setelah kepergian temannya, sekelompok teman tersebut bertaubat dan melakukan kebaikan hingga akhir hayatnya.

Di akhirat, seorang teman yang telah meninggal duluan ini akan mencari mereka dan tidak menemukan teman-temannya di akhirat karena teman-temannya sudah bertaubat.
Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an surat Al Furqan ayat 28, "Wahai, celaka aku! Sekiranya (dulu) aku tidak menjadikan si fulan itu teman akrab(ku).

Oleh karena itu, pikirkan apapun sebelum bertindak, apakah baik atau buruk, mendatangkan kebaikan atau keburukan. Karena semua perbuatan akan ada pertanggung jawabannya kelak di akhirat.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dimintai wasiat oleh seseorang. Setelah berkali-kali beliau bertanya, "Apakah kau benar-benar akan menjalankannya?"

Lelaki itu menjawab, "Ya, aku benar-benar akan menjalankannya wahai Rasulullah."

Beliau pun berpesan, "Jika engkau ingin melakukan sesuatu, pikirkan akibatnya. Jika baik lakukanlah, jika tidak maka berhentilah."

Wallahu a'lam

close