Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Saturday, August 4, 2018

Ketika Hati Tersakiti, Pilih Al Qur'an sebagai Penyembuhnya

Hati manusia sangatlah emosional dan mudah berubah-ubah. Perubahan suasana hati dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, baik dari luar diri maupun dari dalam diri manusia itu sendiri.

Yang paling sering membuat hati berubah adalah lisan atau perkataan. Lisan manusia lain dapat membuat manusia lainnya merasa senang bahkan tersakiti. Ketika hati sakit karena lisan, Allah Ta'ala telah menganjurkan untuk menggunakan Al Qur'an sebagai penyembuhnya. Setidaknya ada 3 ayat yang akan kita kaji di sini. Ayat apa sajakah itu?
Ilustrasi hati yang terluka

Inilah Ayat di dalam Al Qur'an sebagai Penyembuh Hati yang Tersakiti

Di dalam Surat Thaha ayat 130, Allah Ta'ala berfirman, "Maka sabarlah kamu atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya."

Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an surat Qaf ayat 39, "Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya)."

"Dan Kami sungguh-sungguh mengetahui, bahwa dadamu menjadi sempit disebabkan apa yang mereka ucapkan, maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu diantara orang-orang yang bersujud." (QS. Al Hijr:97-98)

Berdasarkan tiga ayat Al Qur'an ini, kita dapat mengambil arti bahwa ketiganya memberikan obat untuk mengobati rasa sakit hati karena lisan. Ketika orang lain berkata buruk dan menyakitkan, fitnah, gosip, maka hadapilah dengan bertasbih.

Bertasbih bukan hanya mengucapkan kalimat tasbih saja, tetap juga dibarengi dengan menghadirkan hati yang selalu mengingat-Nya. Bersujud dan selalu memuji Allah Ta'ala setiap pagi dan petang.

Semoga dengan berpegang pada Al Qur'an, kita dapat selamat dan terhindar dari penyakit hati.

close