Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Wednesday, August 15, 2018

Mengapa Disunnahkah Sholat Dhuha Setiap Hari? Inilah Keutamaannya!

Salah satu sholat sunnah yang mudah dikerjakan adalah sholat dhuha. Hal ini dikarenakan waktu sholat dhuha yang lebih fleksibel, yaitu ketika terbit matahari sampai sebelum sholat dzuhur, dan tidak pada waktu yang dilarang untuk sholat. Dan rakaatnya terbilang sedikit, yaitu minimal 2 rakaat.

Sholat

Mengapa Disunnahkah Sholat Dhuha Setiap Hari? Inilah Keutamaannya!

Syaikh Wahbah mengutip perkataan dari Abdul Khattab: "Menjalankan sholat dhuha secara terus menerus hukumnya sunnah karena Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam telah berpesan agar para sahabat melakukan hal tersebut."

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Siapa saja yang menjaga sholat dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan." (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Bahkan, Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu mendapatkan wasiat dari Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, "Kekasihku (Muhammad) shallallahu'Alaihi wa Sallam mewasiatkan kepadaku tiga perkara: puasa tiga hari setiap bulan (ayyamul bidh), sholat dhuha dua rakaat, dan sholat witir sebelum tidur." (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Inilah Keutamaan jika Kita Melaksanakan Sholat Dhuha setiap Hari:

1. Sholat Dhuha 2 Rakaat Senilai 360 Sedekah

"Di dalam tubuh manusia terdapat tiga ratus enam puluh sendi, yang seluruhnya harus dikeluarkan sedekahnya." Mereka (para sahabat) bertanya, "Siapakah yang mampu melakukan itu wahai Nabiyullah?"

Beliau menjawab, "Engkau membersihkan dahak yang ada di dalam masjid adalah sedekah, engkau menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan adalah sedekah. Maka jika engkau tidak menemukannya (sedekah sebanyak itu), maka dua rakaat dhuha sudah mencukupimu.
" (HR. Abu Dawud)

2. Mencukupi Kebutuhan Sepanjang Hari dengan 4 Rakaat Sholat Dhuha

Allah Ta'ala berfirman, "Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu." (HR. Ahmad)

3. Ghanimah (Harta Rampasan Perang) Terbanyak dari Sholat Dhuha

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Barangsiapa berwudhu kemudian pergi pada waktu pagi ke masjid untuk melaksanakan sholat dhuha, maka hal itu adalah peperangan yang paling dekat, ghanimah yang paling banyak, dan kembalinya lebih cepat." (HR. Tirmidzi dan Ahmad; hasan shahih)

Oleh karena itu, tidak masalah untuk mengerjakan sholat dhuha setiap hari karena banyak keutamaan yang akan kita dapatkan. Tapi ingat, kerjakanlah semampu diri masing-masing.

Wallahu a'alam

close