Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Saturday, August 11, 2018

Mengingat Nama Allah Ta'ala dalam Segala Keadaan

Seseorang yang mencintai sesuatu, pasti tidak akan pernah lepas dari pikirannya. Lisannya pun terus mengucap namanya, siang malam tak pernah dilupakan.

Begitu juga dengan para pecinta Allah Ta'ala. Mereka selalu mengingat nama Allah Ta'ala. Selalu ingat akan kenikmatan Allah Ta'ala. Seperti dalam contoh berikut ini:
Berdzikir sebagai sarana mengingat Allah Ta'ala

Mengingat Nama Allah Ta'ala dalam Segala Keadaan

Ketika Nabi Yusuf AS menghadapi godaan dan rayuan, beliau memohon perlindungan kepada Allah Ta'ala. "Dia (Yusuf) berkata, "Aku memohon perlindungan kepada Allah"." (QS Yusuf:23)

Ketika menghadapi fitnah, Nabi Yusuf tetap mengingat Allah Ta'ala. Allah Ta'ala berfirman, "Yusuf berkata, "Wahai Tuhanku! Penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka"." (QS Yusuf:33)

Tidak hanya pada saat kesulitan, saat senang pun Nabi Yusuf AS tetap mengingat Allah Ta'ala. Hal ini sejalan dengan firman Allah Ta'ala dalam Al Qur'an surat Yusuf ayat 101, "Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebagian kekuasaan."

Begitu pula dengan Nabi Ibrahim AS yang juga selalu mengingat Allah Ta'ala dalam kenikmatannya. Allah Ta'ala berfirman, "Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan kepadaku di hari tua(ku) Ismail dan Ishak." (QS Ibrahim:39)

Ketika merencanakan suatu hal, meskipun hal tersebut nampaknya sudah pasti akan terjadi, tapi tetaplah berucap insyaa Allah. Karena Allah Ta'ala yang mengetahui dan menentukan hal tersebut.

"Dan jangan sekali-kali engkau mengatakan terhadap sesuatu, "Aku pasti melakukan itu besok pagi", kecuali (dengan mengatakan) insyaa Allah." (QS Al Kahfi:23)

Begitulah yang seharusnya kita lakukan, selalu mengingat Allah Ta'ala dalam suka maupun duka. Sholat, berdzikir kepada-Nya, adalah cara supaya kita bisa terus mengingat-Nya.

close