Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Monday, August 20, 2018

Saat Menyimak Al Qur'an, Inilah yang Dirasakan Orang Mukmin

Al Qur'an adalah kitab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam. Di dalamnya, terkandung banyak sekali kebaikan. Bahkan, banyak juga seni membaca Al Qur'an dengan merdu, yang mana ini akan menyejukkan hati bagi pendengarnya.

Membaca Al Qur'an dinilai ibadah, begitu juga para pendengar bacaan Al Qur'an ini. Lalu, apa yang dirasakan orang mukmin ketika sedang menyimak atau mendengarkan bacaan Al Qur'an?
Membaca Al Qur'an

Inilah yang Dirasakan Orang Mukmin saat Menyimak Al Qur'an

Banyak para sahabat yang dulu mendapatkan pujian karena interaksi dan sikap mereka ketika mendengar ayat Al Qur'an dilantunkan. Mereka merunduk sujud, menangis dengan khusyu', bertasbih dan memuji Allah Ta'ala dengan sungguh-sungguh.

Dalam Al Qur'an surat Al Isra' ayat 106-109, Allah Ta'ala berfirman:

"Dan Al Qur'an itu telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan Kami menurunkannya bagian demi bagian.

Katakanlah: "Berimanlah kamu kepadanya atau tidak usah beriman (sama saja bagi Allah). Sesungguhnya orang-orang yang diberi pengetahuan sebelumnya apabila Al Qur'an dibacakan kepada mereka, mereka menyungkur atas muka mereka sambil bersujud, dan mereka berkata: "Maha Suci Tuhan kami, sesungguhnya janji Tuhan pasti dipenuhi".

Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyu'.
"

Orang-orang mukmin yang mendengar ayat Al Qur'an dibacakan, hatinya akan hanyut dalam lantunan Al Qur'an. Menjadi semakin bersujud kepada Allah Ta'ala. Semakin mengimani Al Qur'an.

Berbeda dengan orang-orang musyrik, yang bahkan mereka mengganggu Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam ketika beliau membaca Al Qur'an.

Orang-orang musyrik ini pun mempengaruhi anak-anak dan para wanita agar tidak mendengarkan lantunan ayat Al Qur'an. Mereka sengaja membuat kebisingan sehingga suara mereka lebih keras.

Mereka tidak ingin mendengar ayat Al Qur'an dibacakan karena takut akan berpengaruh ke dalam hati dan akalnya. Mereka juga takut menerima cahaya dari Al Qur'an, yang nantinya akan berimbas pada mereka dan mengubah keadaan diri mereka.

Allah Ta'ala berfirman, "Dan orang-orang yang kafir berkata: "Janganlah kamu mendengar dengan sungguh-sungguh akan Al Qur'an ini dan buatlah hiruk pikuk terhadapnya, supaya kamu dapat mengalahkan mereka"." (QS Fushilat:26)

Wallahu a'lam

close