Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Sunday, August 5, 2018

Unik! Sahabat Pena 56 Tahun yang lalu saling Bertemu karena Piala Dunia 2018

Sebelum ada sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau sosial media lainnya, orang zaman dahulu mencari teman dengan berkirim surat. Istilah keren saat itu adalah mencari sahabat pena.

Intinya, kita menulis surat kemudian mengirimkan pada seseorang. Biasanya di koran ada alamat serta data diri orang lain yang juga sedang mencari sahabat pena, jadi kita juga bisa memilih kira-kira orang mana yang tepat dijadikan sahabat pena.

Ini juga yang dilakukan oleh seorang wanita asal Rusia dan China 56 tahun silam. Setelah berpisah sangat lama, akhirnya mereka dipertemukan kembali karena Pila Dunia 2018. Bagaimana kisahnya?
Ilustrasi surat

Unik! Sahabat Pena 56 Tahun yang lalu saling Bertemu karena Piala Dunia 2018

Seorang nenek asal Rusia bernama Lyudmila Mitricheva Ivanova, dulu senang menulis surat dan mengirimkannya ke sahabat penanya. Kala itu, Ivanova menggunakan nama China yaitu Liu Xia agar ia bisa berkomunikasi dengan Duan Chunxiu.

Duan Chunxiu adalah seorang siswi SMA di Xiangtan, Hunan, China. Komunikasi dua wanita berbeda kebangsaan ini berjalan lancar meskipun mereka sama sekali belum pernah bertemu.

Bahkan, hingga tahun 1962 saat terakhir kali mereka bertukar surat, sampai saat itu pun mereka belum pernah bertemu satu sama lain.

Namun, hingga menjadi nenek di tahun 2018 ini, Ivanova dan Duan tetap berharap untuk dapat bertemu. Mereka menyimpan rasa rindu yang amat mendalam.

Tidak jelas bagaimana keduanya hilang kontak. Tapi, Ivanova masih menyimpan surat-surat serta apapun yang Duan kirimkan kepadanya dulu. Ia tetap berharap dapat bertemu dengan Duan suatu saat nanti.

Kebetulan, di tahun 2018 ini Piala Dunia digelar di Rusia, tepatnya di Saransk yang menjadi salah satu penyelenggara Piala Dunia 2018 dan Ivanova tinggal di kota ini.

Tidak menyia-nyiakan kesempatan, Ivanova mencari jurnalis asal China yang sedang meliput pertandingan. Bukan untuk menanyakan pertandingan, tapi Ivanova meminta bantuan jurnalis yang bernama Zhang Heyun.

Tanpa sungkan, Ivanova menceritakan kisah awal mula ia berteman dengan Duan hingga sekarang dan rasa rindu yang tidak tertahan ini pada Zhang. Zhang kemudian mempublikasikan kisah Ivanova.

Dengan bantuan internet, Zhang dapat menemukan seorang pengguna WeChat yang kebetulan mengenal Duan. Sayangnya, ketika ditemui Duan sudah ringkih dan pikun. Kondisi ini juga menyebabkan Duan lupa akan Ivanova.

Meski begitu, Ivanova tetap senang karena berhasil bertemu sahabat penanya setelah 56 tahun hilang kontak. Ia dan keluarga Duan pun setuju untuk berusaha mengembalikan ingatan Duan agar mereka dapat melepas rindu dan saling mengingat masa-masa dulu.

Wah, pasti kalau mereka bertemu akan bercerita seru mengenai kehidupan masing-masing. Tentu saja ini menjadi pelajaran berharga bagi kita untuk menghargai teman kita. Inilah teman sejati, meskipun tidak pernah bertemu sebelumnya, tetapi mereka saling menjaga satu sama lain.

close