Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Sunday, September 30, 2018

Stop! Jangan Cemburu Berlebihan, Ini Dampak Negatif Bagi Diri Sendiri!

Banyak yang bilang bahwa cemburu adalah tanda rasa sayang. Cemburu sendiri merupakan rasa marah, sebal, jijik, karena seseorang yang kita sayangi atau cintai dekat atau didekati oleh orang lain. Bisa jadi, cemburu juga timbul karena orang lain lebih berhasil, sementara kita belum seberhasil dia.

Memang alamiah rasa cemburu itu. Kita pun tidak bisa menyalahkan diri sendiri ketika merasa cemburu. Namun ternyata, cemburu berlebihan dapat berdampak negatif bagi diri sendiri loh! Apa saja itu?
Jealous

Inilah Dampak Negatif Cemburu bagi Diri Sendiri:

1. Dapat Menghancurkan Hubungan Keluarga

Rasa cemburu di dalam keluarga memang wajar, tapi sebaiknya tidak terlalu jauh. Banyak keluarga yang hancur karena rasa cemburu buta. Ini yang tidak sehat. Sebaiknya di dalam keluarga, ditanamkan adanya keterbukaan, saling komunikasi dan juga pengertian. Maka rasa cemburu tidak akan menghancurkan hubungan keluarga.

2. Dapat Mempengaruhi Kesehatan Tubuh dan Mental

Memperhatikan keberhasilan orang lain dan terlalu sibuk memikirkannya membuat rasa iri, dengki, cemburu pun tidak dapat dihentikan. Hal ini justru akan membuat pikiran menjadi terganggu sehingga tidak bisa merasakan kebahagiaan yang bisa kamu raih. Lebih jauh lagi, kesehatan tubuh pun akan terganggu, seperti penyakit jantung, obesitas, penuaan dini, hingga kematian dini.

3. Membuat Pesimis dan Putus Asa

Cemburu juga dapat membuatmu lebih pesimis. Kamu selalu melihat orang lain lebih berhasil sementara kamu orang yang gagal. Jika kamu biarkan hal ini, maka kamu bisa menjadi orang yang pesimistis dan mudah putus asa.

4. Menghambat Karir dan Kehidupan Sosial

Bisa jadi, rasa cemburu membuatmu tidak mau bersosialisasi dengan orang tersebut. Ini bisa menghambat karir dan kehidupan sosialmu dengan temanmu. Teman akan melihatmu sebagai orang yang tidak menyenangkan, akhirnya kamu dijauhi oleh teman-temanmu.

5. Bertindak Kriminal

Orang yang sudah cemburu memuncak dan depresi hingga hilang akal, bisa jadi melakukan tindakan kriminal sebagai wujud balas dendam. Wah jangan sampai ini terjadi, ya!

Oleh sebab itu, belajarlah untuk saling mengerti. Komunikasi itu penting. Serta bersyukurlah atas apa yang sudah kamu miliki saat ini.

close