Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Sunday, September 30, 2018

Alasan Mengapa Senin dan Kamis Dipilih Menjadi Hari Puasa Sunnah

Kita ketahui bahwa ada puasa sunnah yang dilakukan di hari Senin dan Kamis, nama puasa tersebut pun puasa Senin Kamis. Dipilihnya dua hari itu tentu karena sebab yang istimewa. Jika menurut Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dua hari itu istimewa, karena Senin adalah hari kelahiran beliau. Lalu bagaiman dengan hari Kamis?

Padahal, kebanyakan orang mengutuk hari Senin. Banyak yang jenuh dan tidak menyukai hari Senin, bahkan ada slogan "I Hate Monday". Hal ini disebabkan karena Senin adalah hari awalnya orang-orang melakukan rutinitas seperti biasanya setelah libur di hari Minggu dan atau Sabtu. Jadi, mengapa hari Senin dan Kamis ditetapkan sebagai hari puasa?
Puasa

Inilah Alasan Mengapa Senin dan Kamis Dipilih Menjadi Hari Puasa Sunnah

Dalam karya Syekh Abu Zakariya Al Anshori yang berjudul Fathul Wahhab, beliau mengutip hadits dari HR Turmudzi dan yang lainnya, berbunyi:

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Amal itu diperlihatkan di hadapan Allah Ta'ala pada hari Senin dan hari Kamis. Aku gembira sekali amalku diperlihatkan di saat aku sedang berpuasa."

Sayangnya, dalam hadits tidak disebutkan waktu tepat kapan amal diperlihatkan. Hanya ditunjukkan hari saat ditunjukkan, yaitu Senin dan Kamis.

Sementara dalam karya yang ditulis oleh Syekh Bujairimi, Attajrid Linaf'il Abid, Hasyiyah ala Fathil Wahhab, mengatakan bahwa ungkapan "di saat aku sedang berpuasa" maksudnya berdekatan dengan aktivitas puasa. Karena, amal perbuatan diperlihatkan setelah matahari terbenam dan ketika orang sudah membatalkan puasa.

Dikatakan juga bahwa amalan kita diperlihatkan kepada Allah Ta'ala pada hari Senin dan Kamis. Sementara di hari Jumat, amalan kita diperlihatkan pada nabi, ibu, dan ayah masing-masing. Dan di hadapan Rasulullah, amalan diperlihatkan setiap hari.

Oleh karena itu, sebaiknya kita harus selalu menjaga perilaku kita. Ada atau tidak ada orang yang mengawasi. Setidaknya menjaga puasa Senin dan Kamis. Karena segala bentuk kelakuan kita akan ditunjukkan kepada Allah Ta'ala, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, para nabi, ibu dan ayah yang telah wafat.

Wallahu a'lam.

close