Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Friday, September 14, 2018

Inilah Buah yang Cocok untuk MPASI Bayi dan Mudah Ditemukan di Indonesia

Seperti kita ketahui, ASI sangatlah penting bagi bayi. Di dalam ASI terkandung banyak nutrisi yang snagat mencukupi bagi bayi. Bahkan disarankan supaya bayi diberikan ASI dari lahir hingga usia 2 tahun.

Selain itu, kini sedang digalakkan pemberian MPASI (Makanan Pendamping ASI). Bukan berarti bayi tidak cukup diberi ASI saja, tapi pemberian MPASI sebagai pendamping ASI supaya bayi lebih banyak mendapatkan nutrisi lagi. Dan MPASI ini dapat diberikan sejak usia 6 bulan. Berikut ini buah-buahan yang cocok diberikan bagi bayi sebagai MPASI.

Inilah Buah yang Cocok untuk MPASI Bayi:

1. Buah Naga

Buah naga
Buah naga sangat mudah kita dapatkan, di supermarket dan pasar sudah banyak dijual. Di dalamnya, terkandung vitamin C dan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi. Selain itu, terdapat serat yang dapat membuat lancar pencernaan si kecil.

Bagi pemberian MPASI perdana, sebaiknya buah naga dikukus terlebih dahulu. Kemudian, haluskan dan saring kukusan dengan saringan kawat supaya menjadi lebih pure. Jika usia bayi sudah memadai untuk mengkonsumsi makanan padat, tidak perlu lagi dikukus, cukup dipotong dadu supaya dapat disantap sendiri oleh si kecil.

2. Pisang

Pisang
Buah pisang mengandung banyak vitamin A, fosfor, asam folat, serta kalsium. Untuk pemberian perdana, cukup buat bubur pisang tanpa tambahan apapun. Tapi jika repot, pisang bisa dikonsumsi dengan sangat simple, yaitu dengan mengerok pisang sedikit demi sedikit dengan sendok dan menyuapkannya pada bayi.

3. Alpukat

Alpukat
Mungkin ibu-ibu di Indonesia cukup khawatir menjadikan alpukat sebagai MPASI. Tapi, ibu-ibu di negara barat sudah menjadikan alpukat sebagai MPASI. Karena di dalamnya terkandung banyak manfaat, seperti asam lemak omega 3, vitamin A dan C, kalsium, magnesium, yang bagus untuk bayi.

Jika khawatir akan rasa hambar atau pahit dari alpukat, ibu bisa memberikan perasan jeruk baby supaya rasanya menjadi lebih manis.

4. Mangga

Mangga
Jika ingin membuat MPASI dari buah mangga, pastikan mangga benar-benar matang dan manis. Cara membuatnya cukup dengan memotong mangga menjadi lebih kecil, lalu menghaluskan dengan blender atau food processor.

Setelah itu, saring mangga dengan saringan kawat. Jika terlalu kental, tambahkan sedikit air agar teksturnya lebih lunak.

5. Apel

Apel
MPASI dari buah apel menjadi favorit ibu-ibu di Indonesia. Rasanya yang manis-manis asam disukai oleh bayi. Selain itu, di dalamnya terkandung kaliu, fosfor, kalsium, magnesium, vitamin A dan C, dan antioksidan yang tinggi.

Karena buah ini cukup keras, apel harus dikupas terlebih dahulu baru kemudian dikukus. Lalu dilumatkan dan disaring agar menjadi lembut.

Nah, mudah bukan? Yuk ibu-ibu, berikan MPASI yang baik bagi bayi!

close