Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Monday, September 24, 2018

Inilah Metode Pendidikan dan Belajar Mengajar Berdasarkan Al Qur'an

Orang tua selalu ingin yang terbaik untuk anaknya. Baik dalam hal kesehatan hingga pendidikan. Maka tak jarang orang tua menyekolahkan anak-anak mereka di sekolah dengan mutu yang baik.

Namun, kembali lagi kepada pedoman hidup umat Islam yaitu Al Qur'an. Belajar yang baik dimulai dari rumah, dari orang tua sendiri. Dan sebaik-baik pedoman hidup adalah Al Qur'an. Jadi, orang tua dapat mengajar dan memberikan pendidikan pada anak berdasarkan Al Qur'an. Bagaimana caranya?
Al Qur'an

Inilah Metode Pendidikan dan Belajar Mengajar Berdasarkan Al Qur'an

Dalam metode belajar mengajar, terdapat tiga pola pendidikan. Yang pertama adalah metode penyampaian materi, metode visual, serta metode praktek. Sejak 1400 tahun yang lalu, Al Qur'an secara tidak langsung menunjukkan bahwa metode pendidikan yang baik adalah dengan metode visual.

Hal ini dapat kita lihat kisah dimana Allah Ta'ala mengirimkan buruk gagak untuk mengajari Qobil cara mengubur jasad Habil.

Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an surat Al Ma'idah ayat 31, "Kemudian Allah mengutus seekor burung gagak menggali tanah untuk diperlihatkan kepada (Qabil) bagaimana dia seharusnya menguburkan mayat saudaranya."

Di atas metode visual, ada yang lebih baik, yaitu metode praktik. Belajar bukan hanya teori dan bukan hanya melihat, tapi juga ikut terlibat langsung.

Seperti dalam kisah Dzulkarnain ketika diminta masyarakat untuk membuat benteng supaya selamat dari Ya'juj dan Ma'juj. Meskipun masyarakat menawarkan imbalan kepada Dzulkarnain, namun ia menolaknya. Justru ia membangun benteng dengan mengajak masyarakat.

Hal ini mencerminkan bahwa Dzulkarnain ingin masyarakat juga bisa membuat benteng, tidak hanya mengajari tapi praktik bersama-sama.

Seperti halnya di rumah, di kantor, dalam tatanan masyarakat, atau dimana saja. Ketika pemimpinnya berilmu, hendaklah menularkan ilmu tersebut kepada orang lain, kepada bawahannya. Jika terjadi suatu hal terhadap sang pemimpin, maka akan ada penerusnya. Jika tidak, maka semua akan berhenti begitu saja.

Dalam mengajarkan pendidikan kepada anak, orang tua pun harus terlibat. Tidak hanya menyuruh anak untuk ini dan itu. Percuma jika anak disekolahkan di sekolah elit, tapi di rumah sikap orang tua tidak memberikan contoh yang baik.

Oleh karena itu, awal mula adalah didikan dari orang tua. Orang tua mencontohkan yang baik pada anak. Memberi contoh untuk sholat dengan orang tua rajin sholat, memberi contoh rajin membaca Al Qur'an dengan orang tua yang rajin membaca Al Qur'an, ingin anak berbakti dengan memberi contoh orang tua berbakti antara ibu kepada ayah, atau antara orang tua dengan nenek dan kakek.

Semoga bermanfaat!

close