Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Tuesday, September 4, 2018

Inilah yang Menyebabkan Allah Ta'ala Menurunkan Bencana

Belakangan ini Indonesia dilanda berbagai bencana alam. Kondisi seperti ini tentu saja mengkhawatirkan sekaligus memprihatinkan. Banyak orang kehilangan rumah, harta benda, bahkan kehilangan anggota keluarga dalam musibah ini.

Memang, bencana seperti ini tidak bisa dicegah. Tapi mengapa Allah Ta'ala menurunkan bencana kepada manusia?

Inilah yang Menyebabkan Allah Ta'ala Menurunkan Bencana

Akibat bencana gempa bumi
Bencana sendiri datang karena dua hal, yang pertama karena ujian dari Allah Ta'ala dan yang kedua terjadi karena perbuatan manusia sendiri. Semua ada sebabnya.

Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an surat Ar Ruum ayat 41, "Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)."

Sehingga jelas, berdasarkan QS. Ar Ruum 41, terjadinya bencana karena ulah manusia sendiri. Sehingga Allah menghendaki manusia merasakan sebagian akibat dari perbuatan manusia sendiri, agar manusia tersebut kembali ke jalan yang benar.

Misalnya ketika ada bencana banjir. Harusnya kita sebagai manusia saling instropeksi diri. Apakah hutan kita mampu menyerap air hujan dengan baik? Atau malah sebaliknya? Tidak bisa menyerap air dengan baik karena gundul. Bisa dilihat dari pembuangan sampahnya. Apakah sudah sesuai? atau malah sembarangan hingga memenuhi sungai?

Setiap musibah ada hikmahnya, ambil hikmah dibalik bencana yang melanda, sebagai momen untuk kembali kepada Allah Ta'ala dan lebih bersyukur atas nikmat-Nya.

Wallahu a'lam

close