Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Sunday, September 9, 2018

Jalan Masih Panjang, jangan Pernah Menoleh ke Belakang!

Kita hidup di dunia ini untuk masa depan. Waktu terus berputar, terus berjalan. Tidak ada yang bisa mengembalikan atau membalikkan waktu meski hanya satu detik saja.

Jalan yang kita tempuh masih panjang. Itulah mengapa kita tidak dianjurkan untuk menoleh ke belakang. Mengapa demikian?
Jangan menoleh ke belakang

Jalan Masih Panjang, jangan Pernah Menoleh ke Belakang!

Dalam kehidupan ini, kita dianjurkan untuk terus maju, tanpa menoleh ke belakang. Menoleh ke belakang artinya menoleh pada masa lalu. Karena kita tidak akan dapat kembali ke masa lalu.

Jika ingin memperbaiki kesalahan di masa lalu, kita juga bisa. Tapi, jalannya adalah dengan terus ke depan, bukan kembali ke belakang meratapi kesalahan lalu.

Ada sebuah kisah saat Allah Ta'ala akan menurunkan azab kepada kaum Luth. Saat itu, Nabi Luth AS dan para pengikutnya diperintahkan untuk keluar dari kota dan dilarang untuk menoleh ke belakang.

Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an surat Al Hijr ayat 65, "Dan janganlah seorangpun diantara kamu menoleh ke belakang dan teruskanlah perjalanan ke tempat yang diperintahkan kepadamu."

Hal ini tidak hanya bermakna pada zaman Nabi Luth AS saja, tapi juga pada masa sekarang. Hendaknya kita tidak menyibukkan diri dengan mengurusi urusan sepele yang menghalangi kita dalam pencapaian tujuan.

Dunia hanyalah tempat sementara, kita sebagai umat muslim hanyalah musafir yang dalam perjalanan.

Sayyidina Ali berkata, "Setiap nafasmu mendekatkanmu ke liang kuburmu."

Wallahu a'lam.

close