Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Monday, September 10, 2018

Konflik, jangan Khawatir! Ada Hikmah Dibaliknya!

Manusia diciptakan oleh Allah Ta'ala dalam keadaan lemah. Oleh karena itu, manusia membutuhkan bantuan orang lain untuk dapat bertahan hidup. Namun, keistimewaannya manusia adalah kita diberi akal dan keinginan untuk berkembang.

Tidak seperti hewan, yang diciptakan oleh Allah Ta'ala kuat dan dapat bertahan hidup sendiri, namun tidak memiliki akal dan keinginan untuk berkembang. Di sini, ada penjelasan mengenai konflik yang masih menjadi tanda tanya. Bukankah Allah Ta'ala membuat sesuatu terjadi pasti ada alasannya?
Konflik

Inilah Hikmbah Dibalik Konflik

Manusia diberi bekal akal serta keinginan untuk berkembang. Misalnya saja, ketika ada suatu penyakit baru, manusia akan berusaha untuk mencari penawarnya. Jika belum ada, mereka akan berlomba-lomba untuk bisa menemukannya.

Berbeda dengan hewan yang sejak dulu sama saja tidak ada inovasi. Seperti sarang burung, dari dulu hingga sekarang bentuknya pun seperti itu, yang digunakan burung pun juga dahan-dahan kering atau sabut jerami.

Dengan adanya konflik, manusia akan lebih maju. Seolah Allah Ta'ala memberikan arti tersirat agar manusia bangkit.

Konflik sama halnya dengan setan. Setan berbuat kerusakan dan selalu menghasut manusia untuk berbuat dosa. Tapi, mengapa Allah Ta'ala tetap menciptakan setan?

Ini dikarenakan ada hikmah dibaliknya. Jika manusia diciptakan lemah dan tidak ada godaan, maka manusia tidak akan pernah maju. Oleh karena itu, diciptakanlah setan supaya manusia lebih maju, lebih baik dalam beribadah.

Kita hanya melihat dari sisi buruknya saja. Tapi, Allah Ta'ala sebenarnya mengetahui sisi baik lainnya.

Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an surat Al Baqarah ayat 30, "Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

Lihatlah beberapa negara di dunia yang dulunya pernah mengalami konflik dan dijajah. Kini mereka telah maju, mereka bertahan dan mengerahkan seluruh tenaga untuk bangkit sehingga dapat maju seperti sekarang ini.

Oleh karena itu, janganlah pesimis pada diri sendiri. Tanamkan optimis di dalam hati, hadapi dan selesaikan semua konflik yang sedang menimpamu. Allah Ta'ala akan memberikan kemenangan dan kebahagiaan bagi orang-orang yang berjuang.

Wallahu a'lam.

close