Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Saturday, September 1, 2018

Lebih Penting Tekad atau Istiqomah?

Sebagai manusia, tentu kita seringkali memiliki suatu keinginan yang besar. Keinginan tersebut menggebu-gebu di dalam hati dan ingin sekali terwujud.

Tekad yang bulat ini terkadang harus berhenti di tengah jalan karena tidak konsisten atau istiqomah. Jadi, untuk mencapai suatu hal, manakah yang lebih penting, tekad atau istiqomah?
Tekad atau istiqomah

Lebih Penting Tekad atau Istiqomah?

Tekad adalah keinginan kuat untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dengan adanya tekad dan niat, ketika seseorang memiliki suatu tujuan maka ia akan mengejarnya hingga dapat.

Namun, istiqomah juga penting. Tanpa adanya istiqomah, maka tekad yang kuat itu dapat berhenti di tengah jalan. Jika tidak istiqomah menjalankannya, maka tekad hanyalah sekedar tekad.

Misalnya saja, bertekad untuk sholat tahajud setiap malam. Ia membulatkan tekad untuk melakukannya. Di awal-awal bulan ia memulai dan rajin bangun malam sholat tahajud. Namun, di pertengahan bulan mulai tidak bangun untuk sholat tahajud dan tidak istiqomah. Akhirnya jarang sholat tahajud lagi.

Kita dapat belajar dari Nabi Musa AS, beliau memiliki tekad  yang sangat kuat untuk mencari ilmu. Beliau tidak hanya memiliki tekad, tapi beliau istiqomah dan berkomitmen tidak akan berhenti sampai mencapai tujuannya.

Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an surat Al Kahfi ayat 60, "Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, "Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke pertemuan dua laut; atau aku akan berjalan (terus sampai) bertahun-tahun."

Oleh karena itu, ketika kita hendak berbuat baik dan telah berencana berbuat baik, maka bulatkan tekad. Ketika sudah mulai melakukannya, berkomitmenlah pada tekad tersebut. Istiqomah dalam menjalankannya hingga niat tersebut tercapai.

Jadi jika ditanya lebih penting tekad atau istiqomah, maka dua-duanya penting. Istiqomah tidak akan berjalan jika tidak ada tekad yang kuat. Sementara tekad hanya akan menjadi tekad kuat di awal jika tidak istiqomah dijalankan.

Semoga bermanfaat!

close