Kumpulan Berita dan Info Unik Lucu Terbaru

Saturday, September 8, 2018

Pelajaran dari Surat An Nur yang Membuat Hubungan Sosial Kita lebih Baik

Surat An Nur adalah surat yang ke-24 dalam Al Qur'an. Surat ini terdiri dari 64 ayat dan merupakan surat Madaniyah, atau surat yang diturunkan di kota Madinah. Berdasarkan namanya, arti dari surat An Nur adalah Cahaya, yang mana kata ini terdapat pada ayat ke 35.

Di dalam surat An Nur, membahas mengenai petunjuk Allah Ta'ala yang berhubungan dengan kehidupan sosial bermasyarakat dan rumah tangga. Di dalamnya tentu banyak pelajaran yang dapat kita ambil. Apa saja itu?
Al Qur'an

Inilah 3 Pelajaran yang dapat Kita Ambil dari Surat An Nur:

1. Mencegah Fitnah dan Berita Bohong

"Sesungguhnya orang-orang yang ingin agar perbuatan yang sangat keji itu (berita bohong) tersiar di kalangan orang-orang yang beriman, mereka mendapat azab yang pedih di dunia dan di akhirat. Dan Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS An Nur:19)

2. Sebelum Masuk Rumah Orang Lain, Harus Meminta Izin

"Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat." (QS An Nur:27)

3. Mempermudah Pernikahan

"Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang diantara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui." (QS An Nur:32)

Semoga kita dapat mengambil pelajaran dan pengajaran dari Surat An Nur dan juga surat lain di dalam Al Qur'an.

close